Pertamina Dorong MAN Dumai Jadi Adiwiyata

id pertamina dorong, man dumai, jadi adiwiyata

Pertamina Dorong MAN Dumai Jadi Adiwiyata

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pertamina RU II mendorong Madrasah Aliyah Negeri I Kota Dumai menuju sekolah adiwiyata nasional melalui workshop penyusunan kurikulum berbasis lingkungan dan pendampingan puluhan tenaga pengajar.

Unit Manager Komunikasi dan CSR Pertamina RU II Taufiqurahman di Dumai, Jumat mengatakan, pelatihan untuk pendidik MAN I ini adalah wujud kepeduliaan perusahaan di bidang pendidikan dan lingkungan melalui program sosial kemasyarakatan.

"Pertamina mendorong sekolah berprestasi dan ada kemauan meraih adiwiyata lewat pendampingan dalam penyusunan kurikulum berbasis lingkungan," kata Taufiq.

Disebutkan, program CSR Pertamina difokuskan pada empat sektor, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, dan penerima bantuan diutamakan berada di sekitar operasi kilang minyak.

Lewat workshop dengan pemateri dari dinas lingkungan hidup ini, diharap MAN I bisa jadi percontohan sekolah lain dalam pelaksanaan ekstra kurikuler dan upaya membentuk guru dan pelajar cinta lingkungan.

"MAN dipilih karena sesuai kriteria, yaitu sekolahnya berprestasi dan meraih adiwiyata tingkat provinsi, sehingga kedepan dapat ditingkatkan ke jenjang nasional dengan dukungan semua elemen," sebutnya.

Pertamina RU II mendukung MAN I menuju adiwiyata nasional dengan menyalurkan bantuan senilai Rp150 juta dalam bentuk kegiatan pendampingan, workshop, rumah lingkungan, sarana prasarana dan rumah kompos.

"Diharapkan sekolah ini tidak saja fokus pada infrastruktur, tapi juga tercipta karakter cinta lingkungan melalui penerapan kurikulum berbasis lingkungan," ujar Taufiq.

Sementara, Kepala Kementerian Agama Dumai Syafwan menyebut, semua elemen MAN I harus bekerja keras dan mencapai adiwiyata nasional, ditambah dukungan pertamina memberikan bantuan pendampingan.

Sebagai sekolah unggulan binaan Kemenag, peserta workshop diharap dapat mengikuti serius kegiatan ini dan membentuk sumber daya dan karakter sekolah ramah dan cinta lingkungan.

"Pertamina tidak saja memperhatikan berbagai bidang keagamaan, tapi juga peduli dengan lingkungan melalui kegiatan pendampingan ini, dan kita apresiasi dukungan perusahaan," kata Syafwan.