Kritikus Malaysia ini Larang Orang dengan Berat Lebih dari 60 Kg di Acara Fashion, Hasilnya Dikecam

id kritikus malaysia, ini larang, orang dengan, berat lebih, dari 60, kg di, acara fashion, hasilnya dikecam

Kritikus Malaysia ini Larang Orang dengan Berat Lebih dari 60 Kg di Acara Fashion, Hasilnya Dikecam

Kuala Lumpur (Antarariau.com) - Seorang kritikus mode Malaysia menuai kecaman, Rabu (18/4), setelah mengatakan orang-orang dengan berat badan lebih dari 60 kilogram seharusnya tidak menghadiri peragaan busana karena tubuh mereka yang besar akan membuat para tamu lain yang duduk di sebelah mereka tidak nyaman.

"Jika berat badan Anda lebih dari 60kg, jangan datang ke acara mode," kata Zaihani Mohamad Zain, seorang penata gaya selebritas yang biasa menghadiri peragaan busana di Malaysia, di laman Facebook-nya pada akhir pekan seperti dilansir AFP.

"Paha Anda yang besar akan memakan tempat, membuat orang yang duduk di sebelah Anda tidak nyaman."

Zaihani merupakan veteran di industri mode Malaysia dan mentor banyak desainer muda di negara tersebut.

Kritikus mode Malaysia Zaihani Mohamad Zain (Facebook Zaihani Mohamad Zain)

Para kritikus dan desainer mengecam dia atas pernyataannya, yang bertentangan dengan semakin diterimanya perempuan bertubuh besar di industri mode dan kampanye yang menentang model-model bertubuh langsing, namun tidak sehat.

Pernyataan tersebut juga terkesan tidak peka di negara tempat banyak orang mengalami masalah berat badan, dengan sebuah penelitian di jurnal medis Inggris The Lancet menunjukkan bahwa Malaysia memiliki tingkat obesitas tertinggi di Asia.

Desainer terkemuka Malaysia Calvin Thoo bertanya dalam sebuah tulisan di situs jejaring sosial "Apa hak seseorang mengkritik orang-orang bertubuh besar dan meminta mereka tidak datang ke peragaan busana."

"Saya tantang dia menghampiri orang bertubuh besar dan mengatakan secara langsung bahwa mereka gemuk dan tidak boleh datang ke acara (peragaan busana)."

Aktris Malaysia Syanie Hisham mengatakan dia menyesalkan bahwa Zaihani "mengolok-olok perempuan dan laki-laki bertubuh besar," menurut lansiran surat kabar New Straits Times