Lihat Nama Anda pada Daftar Pemilih Sementara Pilgubri Ditempel di Kantor Lurah setempat

id lihat nama, anda pada, daftar pemilih, sementara pilgubri, ditempel di, kantor lurah setempat

Lihat Nama Anda pada Daftar Pemilih Sementara Pilgubri Ditempel di Kantor Lurah setempat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau akan mengumumkan secara resmi jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018 setempat ke masyarakat pada 24 Maret hingga 2 April 2018.

"Pengumuman akan ditempel di seluruh kantor Desa/Lurah mulai 24 Maret - 2 April 2018," kata anggota Komisioner KPU Riau Ilham Muhammad Yasir di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakan Ilham tujuan pengumuman ini untuk meminta tanggapan dari masyarakat yang punya hak sebagai pemilih telah memenuhi syarat namum belum terdaftar namanya dikarenakan beberapa hal .

Selanjutnya mereka diminta untuk aktif melapor kepada RT, RW dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat, sehingga data tersebut akan direvisi untuk mendapatkan DPS perbaikan, selanjutnya baru di sahkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Data baru nantinya diharapkan dapat dimasukkan ke dalam DPS hasil perbaikan," ujarnya.

Ia berharap nanti masyarakat dan semua pihak aktif melaporkan jika ada perubahan kepada PPS setempat, agar semua hak pilih masyarakat dapat diberikan.

Ilham menambahkan sebelum pengumuman resmi, proses DPS telah dilakukan pleno KPU sepekan lalu dan kini sedang dalam print keseluruhan untuk nanti disebar dan dikirim ke kabupaten/kota hingga kelurahan/desa.

"Kini tim sedang persiapan untuk pengumuman, sekarang lagi proses print out DPS untuk kabupaten/kota lalu dikirimkan ke PPS di tingkat desa/kelurahanan sebelum diumumkan sesuai jadwal," imbuhnya.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Riau Divisi Program dan Data Syapril Abdullah membenarkan bahwa KPU sudah memplenokan jumlah DPS Riau untuk Pilkada 2018 mencapai 3.676.326 jiwa.

Selain itu KPU Provinsi Riau juga menetapkan jumlah daftar pemilih potensial non-KTP elektronik atau surat keterangan (Suket) sebanyak 245.760 pemilih. Dengan jumlah pilih laki-laki, 1.808.323 dan perempuan 3.676.326 jiwa.

***2***