PLN Jamin Listrik 3 Pulau di Meranti Cukup, Bahkan Surplus

id pln jamin, listrik 3, pulau di, meranti cukup, bahkan surplus

PLN Jamin Listrik 3 Pulau di Meranti Cukup, Bahkan Surplus

Selatpanjang, (Antarariau.com) - Manager SDM dan Umum PT. PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Surya Abdullah, menyatakan pasokan listrik tiga Pulau yakni Tebing Tinggi, Merbau dan Rangsang diwilayah Meranti dalam kondisi aman.

Terutama setelah PT. PLN Wilayah Riau-Kepri mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sebesar 5 MW di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti belum lama ini.

"Pasokan listrik untuk Meranti dalam keadaan aman, dan mempunyai cadangan daya yang cukup untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di tiga Pulau yang ada di Meranti," ujar Dwi Surya di Selatpanjang Rabu.

Sebut Dwi PT. PLN Riau-Kepri sudah mengoperasikan lima Pembangkit Listrik Temaga Disel dengan total daya yang tersedia sebesar 15 MW.

Dari jumlah total daya 15 MW ini sebut Dwi Surya Abdullah, sangat cukup untuk melayani pasokan listrik masyarakat, karena dari survei yang dilakukan PLN beban tertinggi di Tebing Tinggi hanya sebesar 11.2 MW jadi dengan total daya yang ada maka cadangan listrik PLN yang tersedia untuk Tebing Tinggi sebesar 4.8 MW.

Pastikan Pasokan Listrik di Tebing Tinggi Surplus 4.8 MW

Khususs di Pulau Tebing Tinggi yang memiliki jumlah penduduk terpadat dan merupakan pusat perekonomian di Kepulauan Meranti, dengan tambahan daya 5 MW dari 5 PLTD yang baru saja dioperasikan tersebut maka total daya yang tersedia sebesar 15 MW," tutur Dwi.

Bahkan sambung dia dengan adanya PLTD ini maka pasokan listrik di Wilayah Tebing Tinggi Kabupaten Meranti, Surplus 4.8 MW.

Lebih jauh dijelaskan Dwi Surya Abdullah, jika dirata-rata jumlah konsumsi listrik PLN diwilayah Tebing Tinggi sebesar 7.5 KWH/Hari. Dan jumlah ini menurutnya lebih besar daripada konsumsi listrik di Kabupaten Bengkalis. Jika dikorelasikan dengan pertumbuhan ekonomi hal itu menandakan pertumbuhan ekonomi di Meranti jauh lebih baik dibandingkan dengan Bengkalis yang nota bene Kabupaten induk Meranti.

Dikatakan Dwi Surya, meski daya listrik di Kepulauan Meranti surplus, namun masih terdapat 22 Desa yang belum dapat menikmati listrik, 10 desa diantaranya berada di Pulau Tebing Tinggi dan sisanya tersebar di Pulau Padang dan Merbau.

Dengan begitu sambung dia sesuai dengan intruksi Presiden RI Joko Widodo, melalui program Indonesia terang menargetkan hingga tahun 2019 yang akan datang seluruh wilayah Indonesia sudah teraliri listrik PLN.

"Untuk Meranti kita menargetkan hingga tahun 2018 seluruh desa sudah teraliri listrik," pungkasnya.