Imbauan Kemenag Siak, Salat Gerhana Bulan Dilaksanakan di Islamic Center

id imbauan kemenag, siak salat, gerhana bulan, dilaksanakan di, islamic center

Imbauan Kemenag Siak, Salat Gerhana Bulan Dilaksanakan di Islamic Center

Siak, (Antarariau.com) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Siak, Muharom mengajak masyarakat muslim wilayah setempat untuk melaksanakan Shalat Khusuf Gerhana Bulan Total (GBT) nanti malam usai salat Isya.

"Surat edaran dari Dirjen Bimas Kemenag RI sudah kami teruskan ke seluruh kantor urusan agama (KUA) tiap kecamatan dan diteruskan ke masyarakat, pengurus mesjid dan musholla untuk melaksanakan salat khusuf secara berjamaah nanti malam," kata Muharom di Siak, Rabu.

Dia mengatakan dalam surat edaran dari Direktorat Jenderal Bimas Islam yang disebarluaskan juga sudah tertera tata cara Salat Khusuf tersebut.

"Diharapkan kepada masyarakat muslim untuk bersedia datang ke mesjid-mesjid atau musholla wilayah masing-masing guna melaksanakan sholat gerhana bulan. Sebab momen itu sangat jarang sekali terjadi," ucapnya.

Untuk kota Siak Sri Indrapura sendiri sholat khusuf dilakukan di mesjid islamic center. Masyarakat diimbau datang sebelum sholat Isya.

Seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati peristiwa gerhana bulan total tersebut. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 18.48 WIB, 19.48 WITA atau 20.48 WIT.

Puncak waktu gerhana bulan itu akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan berakhir jam 22.11 WIB.

Gerhana bulan total sendiri atau "Super Blue Blood Moon" atau "Supermoon" akan terjadi nanti malam (31/1), fenomena itu sangat langka karena terakhir terjadi pada 150 tahun lalu.