Kembangan Perpustakaan Khusus, Dinas Perpustakaan Bengkalis Teken MoU Dengan Lapas

id kembangan perpustakaan khusus dinas perpustakaan bengkalis teken mou dengan lapas

Kembangan Perpustakaan Khusus, Dinas Perpustakaan Bengkalis Teken MoU Dengan Lapas

Bengkalis (Antarariau.com)- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menjalin kerjasama dengan Lapas Kelas II A Bengkalis yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU), Selasa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkalis, Muhammad Nasir yang didampingi Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca, Yana Susilayeni menyebutkan bahwa, tujuan dilakukannya kerjasama tersebut untuk pengembangan dan pembinaan perpustakaan khusus, dan juga untuk mengencarkan minat baca di Bengkalis.

"Harapan kita dengan adanya kerjasama ini, mereka para warga binaan nantinya saat keluar dari Lapas ini akan lebih banyak ilmu pengetahuan dan berwawasan," kata Muhammad Nasir usai penandatanganan MoU.

Dia menyebutkan, Dinas Perpustakaan nantinya akan memberikan pembinaan terhadap pengelola perpustakaan di Lapas Kelas II A yang saat ini sedang dalam proses rehab, dan Dinas juga nantinya akan menghibahkan buku-buku pengetahuan.

Dijelaskannya, sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga telah melakukan MoU bersama Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Dinas Pendidikan Kabupeten Bengkalis dan Pengadilan Negeri Bengkalis.

Dan dalam waktu dekat, Dinas Perpustakaan akan kembali melakukan MoU bersama Polres Bengkalis.

"Adapun Sasaran kita dari kerjasama ini terhadap warga binaan, selain itu juga warga yang mengunjungi lapas," katanya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Bengkalis, Agus Pritiatni menyambut baik kerjasama tersebut.

"Hari ini tanggal 9 Januari setelah beberapa kesibukan, hari ini bisa kita laksanakan MoU, mewakili Lapas, kami mengucapkan terimakasih atas atensinya dan kebaikan Dinas Perpustakaan khususnya untuk menambah pengetahuan warga binaan," kata Kepala Lapas Bengkalis, Agus Pritiatno.

Dia berharap perpustakaan yang ada di Lapas ini akan berkembang sesuai harapan.

"Terkait buku buku ada banyak dan mungkin nanti kita bisa melakukan permohonan kepada Perpustakaan Nasional, seperti Perpustakaan Bangkinang, mudah mudahan apa yang kita harapkan bisa terwujud," katanya.

Dijelaskannya, saat ini gedung perpustakaan yang sebelumnya merupakan Kantin Lapas sedang dilakukan rehab dan dalam waktu dekat akan bisa difungsikan.

Setelah dilaksanakan MoU, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyerahkan cendramata kepada Kepala Lapas Bengkalis.