Hadir di Riau, IDCC Wadahi Marching Band ke Internasional

id hadir di, riau idcc, wadahi marching, band ke internasional

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Indonesia Drum Corps Champions Riau meneken nota kesepahaman atau MoU dengan IDCA Banten sebagai wadah berkiprahnya generasi muda yang tergabung dalam marching band berlaga di Nasional dan Internasional.

Presiden IDCA Banten, Hari Doyo Sugianto di Pekanbaru, Jumat, mengatakan bahwa IDCA merupakan asosiasi yang mendapatkan lisensi langsung dari IDCA Amerika yang bertugas untuk mencari bakat tim marching band untuk ikut berkompetisi di tingkat dunia.

"Jika ada dari IDCC-IDCC daerah yang memiliki kualitas yang bagus, kita akan dibantu untuk berlaga di kancah internasional," kata Hari.

Sementara, Ketua IDCC Riau Indra Fery mengatakan bahwa penandatanganan MoU lebih pada menggelar beberapa kompetisi baik tingkat lokal hingga internasional. Karena selama ini, pelaksanaan kompetisi tingkat nasional dan internasional digelar di pulau Jawa, sehingga sangat memberatkan untuk pembiayaan.

Dengan terbentuknya Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) unit Riau akan dapat mempermudah dan memperingan tim marching band di wilayah Sumatera Bagian Utara ikut berkompetisi di Jawa.

"Indonesia Drum Corps Association (IDCA) juga akan bekerjasama dengan IDCC daerah untuk menggelar kompetisi di daerah. Sehingga dapat memudahkan tim marching band untuk berkompotisi," jelasnya.

Ketua Majelis Kerapatan Adat Riau, Al Azhar mengatakan bahwa ini merupakan inisiatif-inisiatif yang kegiatannya menyentuh program beberapa dinas.

Seperti untuk pendidikan, dinas kebudayaan karena marching band membawa local coulour (budaya daerah) untik dibawa berkompetisi di tingkat internasional.

"Dinas pariwisata dan kebudayaan berkepentingan karena bisa mengkolaborasi kekayaan budaya daerah sehingga tersosialisasilah budaya daerah seperti lagu lancang kuning atau kolaborasi kostum yang warnanya mencerminkan budaya daerah," ujarnya.

Bukan hanya itu, dengan digelarnya kompetisi marching band di Riau, akan mengundang banyak orang ke Riau. Setidaknya sektor ekonomi akan berputar.

"Termasuk view-view budaya dan wisata di Riau juga tersosialisasikan melalui kegiatan tersebut," tuturnya pula.