Kelebihan Vitamin B Pada Pria Lebih Berbahaya Dari Rokok

id kelebihan vitamin, b pada, pria lebih, berbahaya dari rokok

Kelebihan Vitamin B Pada Pria Lebih Berbahaya Dari Rokok

Jakarta (Antarariau.com)- Para pria harus mewaspadai asupan vitamin B dalam tubuh mereka. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin B6 dan B12 bisa berisiko memunculkan kanker paru-paru, menurut sebuah studi.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology itu disebutkan bahwa risiko kanker lebih tinggi pada mereka yang merokok.

Selama ini, vitamin B6 dan B12 diketahui bisa meningkatkan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh, namun jika dosisnya terlalu tinggi justru membawa bencana.

"Orang-orang yang menggunakan suplemen makanan, khususnya B6 dan vitamin B12, dengan dosis tinggi selama 10 tahun risiko terkena kanker paru-parunya meningkat," ujar Theodore Brasky dari Ohio State University Comprehensive Cancer Center.

"Sebenarnya, pria yang kelebihan vitamin B ditambah kebiasaan merokok, resikonya terkena kanker paru-parunya bisa tiga sampai empat kali lebih besar," kata Brasky.

Hal ini justru tak terjadi pada wanita yang mengonsumsi vitamin B6 dan B12 dosis tinggi.

Temuan ini berdasarkan penelitian pada lebih dari 77.000 di Amerika Serikat selama lebih dari satu dekade.

Ahli kesehatan menyarankan asupan vitamin B12 sekitar 1,5 miligram, atau kurang dari 2,5 mikrogram per hari.

"Sangat mudah untuk mendapatkan semua vitamin B yang Anda butuhkan. Vitamin ini bisa didapatkan dari daging, buncis dan makanan seperti sereal yang telah difortifikasi," kata Brasky seperti dilansir Kantor Berita Xinhua.