Pastikan Dana Desa Tepat Sasaran, Kejari-Pemkab Meranti Sosialisasikan TP4D

id pastikan dana, desa tepat, sasaran kejari-pemkab, meranti sosialisasikan tp4d

Pastikan Dana Desa Tepat Sasaran, Kejari-Pemkab Meranti Sosialisasikan TP4D

Selatpanjang (Antarariau.com) - Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Pemkab setempat menggelar sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) kepada Kepala Desa dalam penggunaan dana desa agar tepat sasaran.

"Saya ingatkan penggunaan dana desa jangan sampai untuk kepentingan pribadi, Kajari tidak akan mencari - cari kesalahan tapi jika menemukan akan ditindak tegas," kata Kajari Meranti Suwarjana di Selatpanjang, Kamis.

Suwarjana menjelaskan keberadaan Tim TP4D akan berupaya mengawal dan mengamankan penggunaan dana Desa, dan selalu membuka diri pada Kades yang butuh pendampingan.

Pengawalan yang dilakukan menurut Kajari agar dalam penggunaan dana Desa oleh aparatur Desa tidak ada keragu-raguan lagi.

"Dengan pendampingan ini kami harap Kades tidak ragu lagi dalam mengambil keputusan penggunaan sehingga yang ada dapat terserap maksimal, pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya," jelas Kajari.

Tidak kalah penting dengan berjalannya kegiatan di Desa akan memberikan multyplier efek pasa iklim investasi dan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis menyatakan dirinya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman kepada Kepala Desa terkait pengelolaan dana desa yang aman sesuai aturan yang berlaku. Sehingga keberhasilan pembangunan dan pemerintahan berjalan sesuai harapan.

"Dengan adanya Tim TP4D ini sangat membantu karena dapat mengawal dan mengamankan penggunaan dana Desa oleh Kades dan jika merasa ragu-ragu dapat berkonsultasi langsung," papar Sekda.

Dihadapan 101 Kades Se-Kepulauan Meranti Sekda menjelaskan tujuan pengawalan dan pengamanan oleh Tim TP4D salah satunya agar dana Desa yang dikelola dapat terserap dengan baik untuk membangun Desa dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pengamanan dan pengawalan ini sangat penting agar Kades benar-benar percaya diri memanfaatkan dana Desa, mulai dari perencanaan sampai implementasi," paparnya.

Sekda mengingatkan dalam penggunaan dana Desa harus dilaksanakan dengan transparan dan akuntable sesuai peruntukan dan aturan yang ada.

"Laksanakan kegiatan yang dirancang Kades dan masyarakat secara transparan dan akuntable, dengan tanggungjawab baik," pungkasnya.