Menteri PPN pastikan Riau dapat dana hibah dari AS

id Suharso,PPP, muswil PP, suharso monoarfa

Menteri PPN pastikan Riau dapat dana hibah dari AS

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa saat berada di Pekanbaru. (ANTARA/Diana S).

Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan ada tiga provinsi yang akan mendapatkan dana hibah yang diinisiasi oleh Pemerintah Amerika Serikat. Ketiga daerah tersebut di antaranya Provinsi Riau, Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara.

"Dana ini diperuntukkan untuk membantu UMKM dan infrastruktur. Dalam rangka membangun ekonomi hijau. Nah salah satunya Riau yang masuk kriteria untuk mendapatkan dana ini," ucap Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Pekanbaru dalam rangka menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VIII PPP Riau, Sabtu.

Suharso memastikan provinsi Riau mendapatkan dana hibah sebesar Rp1,7 triliun dari Millenium Challange Corporation (MCC) asal Amerika Serikat. Total ada Rp4 triliun lebih yang dialokasikan untuk ketiga daerah ini.

Hal tersebut disampaikan Suharso menjawab pertanyaan Gubernur Riau Syamsuar yang menanyakan tentang dana hibah ini.

"Tentu saya apresiasi keseriusan Pemprov Riau mendapatkan dana ini. Sehingga masuk kriteria untuk diberikan dana hibah," ucapnya.

Dana hibah ini direncanakan akan dikucurkan untuk pembangunan jalan, pengembangan kawasan industri, hilirisasi sawit serta pengembangan pertanian.

"Dana hibah MCC ini difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan," ujar Ketua Umum PPP itu.

Saat menghadiri Muswil, Suharso sempat menanyakan banyak hal kepada Gubernur Riau mulai dari pertumbuhan ekonomi, percepatan vaksinasi, kasus terkonfirmasi COVID-19, tingkat kemiskinan, angka stunting serta jumlah pengangguran terbuka di kawasan setempat.

Baca juga: Buka Muswil PPP Riau, Suharso Monoarfa sebut akan aktifkan sekolah politik