Ternyata Meniup Lilin Saya Ulang tahun Itu Berbahaya

id ternyata meniup, lilin saya, ulang tahun, itu berbahaya

Ternyata Meniup Lilin Saya Ulang tahun Itu Berbahaya

Jakarta (Antarariau.com) - Bila Anda berulang tahun dan berkesempatan meniup lilin di atas kue ulang tahun Anda, jangan lupa buat lah doa untuk kesehatan Anda.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena para ilmuwan dari Clemson University di Amerika Serikat, menemukan tradisi populer ini bahkan meningkatkan bakteri pada lapisan gula kue hingga 1,4 persen.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam 'Journal of Food Research itu diketahui bioaerosols dalam napas manusia dapat menjadi sumber bakteri yang kemudian ditransfer ke permukaan kue.

Hasil ini didapat setelah peneliti menguji perpindahan aerosol ke kue, dan bahkan tersebar merata di lilin ulang tahun. Peneliti meminta para partisipan memadamkan lilin dengan cara meniupnya.

Sebelum itu mereka meminta partisipan mengonsumsi pizza. Tim lalu melakukan pengujian untuk menentukan tingkat kontaminasi bakteri.

"Tradisi meniup lilin ulang tahun memiliki teori yang berbeda. Ada yang berteori praktik ini dimulai di Yunani Kuno, dan terkait dengan membawa kue dengan lilin menyala ke kuil dewi Artemis," kata para peneliti.

"Budaya kuno lainnya percaya bahwa asap dari lilin bisa mewujudkan keinginan dan doa-doa mereka kepada para dewa," imbuh mereka seperti dilansir laman Times of India.