Seorang Tahanan Rutan Pekanbaru Berhasil Ditangkap Polisi Rohul

id seorang tahanan, rutan pekanbaru, berhasil ditangkap, polisi rohul

Seorang Tahanan Rutan Pekanbaru Berhasil Ditangkap Polisi Rohul

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Sektor Kunto Darussalam, Rokan Hulu mengamankan seorang narapidana Rumah Tahanan Kelas IIB Kota Pekanbaru dirumah orangtuanya di Desa Kembang Damai, Kecamatan Pagaran Tapah Darusalam.

"Bhabinkamtibmas Polsek Kunto Darussalam dihubungi oleh ayah kandung napi bahwa anaknya adalah salah satu napi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru yang melarikan diri," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga:Waspadai Kejadian Rutan pekanbaru, Lapas Bengkalis Tingkatkan Pengamanan

Nama tahanan itu Angga Praharsa (34) dengan perkara Penggelapan Sepeda Motor dengan vonis 12 bulan. Dia baru menjalani hukuman selama enam bulan.

"Terhadap tahanan tersebut diamankan dan dibawa ke Polsek Kunto Darussalam. Kondisi tahanan dalam keadaan sehat dan tidak membawa identitas diri," ungkap Guntur.

Diketahui bahwa pada Jumat lalu (5/5) sebanyak 448 tahanan dan narapidana kabur usai mendobrak pintu rutan sebelah kanan. Kaburnya berawal dari blok C yang dihuni tahanan narkotika dan obat-obatan terlarang serta kriminal umum.

Kericuhan dipicu oleh kelebihan kapasitas yang seharusnya 361 tapi diisi 1870 orang dan adanya dugaan pemerasan. Saat ini sudah sekitar 304 tahanan yang tertangkap dan masih ada 144 lagi yang berkeliaran.

Baca juga:Polda Riau Bentuk Tim Penyidik Buru Tahanan Rutan Pekanbaru

Keseluruhan tahanan yang berhasil ditangkap sebagian besar ditangkap di Pekanbaru. 11 orang di Kabupaten Kampar, enam orang di Pelalawan, dua orang masing-masing di Siak dan Rohul, dan satu di Bengkalis.

Terkait kaburnya tahanan itu Minggu pagi (7/5) Menteri Hukum dan Hak Asazi Manusia Yasonna Laoly telah mendatangi Rutan di Sialang Bungkuk itu. Dia marah dan meminta kepolisian menyidik adanya pungutan liar dan pemerasan.

Kemudian pada Senin (8/5) lalau di Jakarta tekah diumumkan juga pencopoton Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau dan Kepala Divisi Pemasyarakatannya. Sebelumnya pada Sabtu (6/5) juga telah datang Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham yang mencopot kepala rutan.