Dorong Produksi Padi, Bupati Inhu Gelar Tanam Bersama

id dorong produksi, padi bupati, inhu gelar, tanam bersama

Dorong Produksi Padi, Bupati Inhu Gelar Tanam Bersama

Rengat (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Yopi Arianto menggelar gerakan tanam padi bersama di areal persawahan Kelompok Tani Ingin Maju Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim, untuk mendorong peningkatan produksi padi di Indragiri Hulu.

"Bupati bangga atas kekompakan dan kebersamaan masyarakat dalam kegiatan tersebut," kata Kepala Bagian Protokoler Pemerintah Daerah Indragiri Hulu Jawalter S di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu Bupati didampingi Ketua DPRD Miswanto, Dandim 0302 Mujibburahman Hadi, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu. Bupati Yopi dengan tanpa ragu turun ke sawah dan melakukan gerakan tanam padi.

Sekitar 206 hektare persawahan berada di Desa Kelayang dan Lubuk Sitarak, yang merupakan bagian dari wilayah sasaran tanam padi khusus di Kecamatan Rakit Kulim dengan total luas areal mencapai 450 hektare menjadi sasaran tanam.

"Bupati terlihat senang, yakin Inhu bakal menjadi lumbung beras," sebutnya.

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berhasil mewujudkan program pemerintah.

"Saya berharap komitmen para petani untuk tetap memanfaatkan lahan dengan hanya ditanami varietas padi, jagung dan kedelai," pinta Yopi.

Menurutnya, sebagai bentuk upaya untuk menjaga semangat para petani, Pemkab Inhu akan menyalurkan bantuan ratusan itik sebagai kombinasi dalam pengembangan lahan pertanian.

"Kondisi lahan persawahan di Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim, ini memang cukup potensial," ujarnya.

Dandim 0302 Indragiri Hulu Letkol Inf Mujibburahman Hadi mengatakan ada usulan terkait pengembangan produksi jagung dan kedelai dengan pola penanaman secara tumpang sari dengan memanfaatkan areal perkebunan sawit.

"Pola penanaman tersebut diyakini akan memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan produksi khususnya jagung dan kedelai di wilayah Inhu," sebutnya.

Untuk itu, kerja sama antara dinas terkait bersama pihak perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan sawit juga perlu dilakukan dan ditingkatkan sehingga semua program berjalan optimal.

Pewarta :
Editor: Asripilyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar