Berikut Lima Fakta Menarik Tentang "Mangkok Ayam"

id berikut lima, fakta menarik, tentang mangkok ayam

Berikut Lima Fakta Menarik Tentang "Mangkok Ayam"

Jakarta (Antarariau.com) Pernahkah anda makan di tukang bakso atau mie ayam pinggir jalan enggak? Kalau iya pasti ngeh dengan mangkok ikonik satu ini. Namanya mangkok ayam, mangkok legendaris dengan gambar ayam itu sudah ada sejak zaman orangtua kita pacaran hingga era millenium.

Namun tahukah anda kalau mangkok ini memiliki lima fakta unik? Baca terus ulasannya!

1. Diimpor dari Tiongkok

Ternyata mangkok bergambar ayam merah yang selalu setia menemani kita makan bubur, bakso dan mie ayam itu bukanlah buatan dalam negeri, melainkan diimpor dari Tiongkok. Berbanggalah bagi kalian yang masih makan pakai mangkok ini.

2. Simbol Kemakmuran

Pernah dengar nasihat Bangunlah lebih pagi agar rezeki tidak dipatuk ayam, Nah nasihat bijak itu kemudian dituangkan menjadi gambar ayam merah dalam mangkok tukang bakso cs. Bagi para pedagang, simbol ayam dalam mangkok merupakan simbol kemakmuran yang bisa mendatangkan rezeki, sama seperti patung kucing melambai.

3. Sudah Ada Sejak Dinasti Ming

Kalau sedang makan dengan mangkok ini, mungkin saja sedang memegang mangkok bernilai sejarah tinggi. Mangkok ayam merah terkenal itu ternyata sudah digunakan sejak zaman dinasti Ming yang pernah berdiri pada periode 13681644.

4. Tenar hingga Mancanegara

Siapa bilang mangkok ini hanya digunakan di Indonesia, ternyata mangkok ayam legendaris itu juga digunakan dan tenar hingga Singapura, Bangkok, dan negara-negara Asia lainnya. Saking populernya mangkok ini banyak dibuat versi KW-nya.

5. Muncul di Kungfu Hustle

Ketenaran dan kepopuleran mangkok merah tidak hanya dikenal di kalangan pedagang atau konsumen tukang bakso, melainkan juga merambah ke dunia film. Masih ingatkah kalian dengan film Kungfu Hustle yang dibintangi Stephen Chow, di situ terdapat adegan saat tiga pendekar yang berhasil mengusir geng kampak menerima telur rebus dalam mangkok ayam dari pihak yang mereka tolong. Demikian tulis GoHitz dalam situs mereka.