Pj. Bupati Kampar : Musrembang Harus Mewakili Aspirasi

id pj bupati, kampar , musrembang harus, mewakili aspirasi

Pj. Bupati Kampar : Musrembang Harus Mewakili Aspirasi

Bangkinang Kota (ntarariau.com) - Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Wilayah V dihalaman Kantor Camat Bangkinang Kota, Senin (13/2), menyebutkan bahwa hendaknya dari tahun ketahun ada perbaikan dalam Musrembang. Hal ini berkenaan dengan diadakan hanya untuk menampung pokok pikiran dari berbagai elemen, baik dari Desa, anggota Legislatif maupun yudikatif.

"Saat ini mekanisme Musrembang telah dipermudah, tinggal kita masing-masing satuan mempersiapkan proposal, menyiapkan usulan dan saran serta mempersiapkan administrasinya lembar demi lembar. Saat ini juga mekanisme Musrembang memiliki E planning dan E Bujetingdilanjutkan dengan E-Prposal dari masing-masing SKPD, dan ini telah diintruksikan kepada Bapeda untuk dipersiapkan segala sesuatunya" ucapnya.

Dijelaskan Syahrial Abdi bahwa ada irisan-irisan atau kewenangan dari masing-masing SKPD harus menempatkan diri sesuai dengan urusan dan kewenangan dimasing SKPD, sehingga yang tidak dalam satuannya tidak perlu memaksakan usulannya masuk kedalam perencanaan.

Dalam Musrembang ini juga kita mempersiapkan Argumentasi dan alasan yang tepat agar usulan kita bisa diterima, Pj. Bupati Kampar juga berpesan bahwa dalam penyusunan Musrembang diharapkan kita berinovasi dan mengembangkan pokok pikiran kita, karena Bapenas mendorong setiap daerah untuk berinovasi dalam mengembangkan potensi daerahnya.

Banyak Inovasi yang bisa dikembangkan setiap daerah diantaranya memiliki sistem pelayanan yang mudah bagi masyarakat serta efisien waktu pelayanan, selain itu dirasakan saat ini lambatnya kita merespon mencari sumber pendapatan daerah yang baru, karena selama ini kita selalu menganggarkan anggaran yang sudah ada tanpa memiliki inovasi untuk mendapatkan pendapatan daerah tutur Syahrial Abdi.

Musrembang tahun 2017 ini dibagi dalam beberpa wilayah diantaranya wilayah I mencakup coordinator Bupati Kampar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Desa dan Kecamatan Kampar, Kampar Utara, Kampa serta Kecamatan Rumbio Jaya, sedangkan Wilayah II dikoordinir oleh Bappeda, Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Perkebunan dan Peternakan Keswan serta Kecamatan Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir.

Untuk Wilayah III dikoordinir oleh Asisten Pemerintah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan dan Koperasi serta Kecamatan Tambang, Perhentian Raja, Siak Hului dan Kecamatan Kmapar Kiri Hilir. Untuk Wilayah IV dikoordinir oleh Asisten II didampingi Dinas Penanaman Modal dan Layanan Terpadu Satu pintu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sedangkan untuk wilayah V dikoordinir oleh Asisten III didampingi Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga, Dinas Kesehatan serta Kecamatan Kuok, Kecamatan Bangkinang Kota, XIII Koto Kampar, Salo, Koto Kampar Hulu dan Kecamatan Bangkinang. (ADV)