Ingin Lebih Mendalami Islam, Mualaf Meranti Minta Pembinaan UMRI

id ingin lebih, mendalami islam, mualaf meranti, minta pembinaan umri

Ingin Lebih Mendalami Islam, Mualaf Meranti Minta Pembinaan UMRI

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sejumlah mualaf Tionghoa di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, meminta Universitas Muhammadiyah Riau agar bisa memberikan pembinaan pada mereka tentang ke-Islaman, agar tekad mereka dalam melaksanakan ajaran Islam makin kuat.

"Kuatnya tekad ini ditandai dengan Koperasi Hangtuah telah menghibahkan tanah seluas 200 hektare di Selat Panjang untuk mendukung kelancaran organisasi, pembinaan secara ekonomi dan keagamaan untuk anggota PITI," kata Ketua Koperasi dr Misri Hasanto di dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, lahan seluas 200 hektare itu diperuntukkan masing-masing seluas 100 hektare untuk PITI , 50 hektare untuk Pengurus Daerah Muhammadiyah Kepulauan Meranti dan 50 Hektare untuk PW Muhammadiyah Riau untuk mendukung kegiatan pembinaan.

Ia mengatakan, kegiatan pembinaan yang lebih diharapkan agar keberadaan kelompok organisasi PITI (organisasi mualaf Tionghoa, red) supaya dapat menjalankan aktivitas agama Islam dengan baik sesuai ajaran Alquran dan hadist.

"Saya berharap Muhammadiyah Riau dan UMRI dapat memberikan pembinaan agama, perekonomian, dan tanah yang kami wakafkan dapat dipergunakan dengan baik sehingga mualaf Tionghoa di Meranti dapat berkembang," katanya.

Misri mengayatkan syukur, koperasi dapat mewakafkan tanah yang diperuntukkan untuk mengembangkan dakwah Islam, dan mudahan-mudahan menjadi amal bagi mualaf dan dapat dikelola dengan baik sesuai kebutuhan.

Sementara itu UMRI dipilih sebagai lembaga perguruan tinggi yang diharapkan dapat membina mualaf Tionghoa di Kabupaten Kepulauan Meranti, karena Muhammadiyah organisasi yang fokus pengembangan agama juga intens dibidang pendidikan, perekonomian dan kesehatan.

Rektor UMRI Mubarak mengatakan Koperasi Hangtuah memiliki niat serta amal mulai dalam membantu pengembangan dakwah agama Islam dan lainnya. Diharapkan lahan tersebut akan selalu menjadi amal bagi anggota koperasi dan UMRI juga siap bekerja sama dengan PITI Meranti dalam pembinaan serta dakwah untuk para mualaf Tionghoa.

"Untuk mewujudkan kesiapan pembinaan itu, UMRI akan selalu berkoordinasi dengan PW Muhammadiyah Riau serta melibatkan Lembaga Studi Islam dan kemuhammadiyahan, para dosen dan mahasiswa," katanya.