Legislator Rohil Harapkan Penyaluran Alokasi Anggaran Daerah Tepat Waktu

id legislator rohil, harapkan penyaluran, alokasi anggaran, daerah tepat waktu

Legislator Rohil Harapkan Penyaluran Alokasi Anggaran Daerah Tepat Waktu

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau meminta kepada pemerintah pusat agar kedepan alokasi anggaran triwulan IV yang disalurkan kedaerah diharapkan tepat waktu.

"Kami mengimbau kepada pemerintah kalau bisa tepat waktu penyaluran hak-hak kabupaten/kota. Seharusnya alokasi anggaran triwulan IV disalurkan paling lambat minggu ketiga Desember," kata Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan di Bagansiapiapi, Jumat.

Menurutnya, kebijakan penghematan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat berdampak di daerah, diantaranya tidak adanya alokasi atau penghentian dana pada triwulan IV untuk tunjangan perangkat kepenghuluan dan lurah, termasuk tenaga honorer baik guru maupun di satuan kerja Pemkab Rohil.

"Kondisi ini mengakibatkan dua bulan gaji mereka belum dibayarkan, atau sekitar Rp205 miliar yang belum disalurkan pusat ke Rohil," ucapnya.

Nasrudin juga menyampaikan permohonan maaf atas ditundanya pembayaran tersebut.

"Kami minta maaf, karena bukan tergantung kepada ketidakmauan, tetapi tidak adanya anggaran tahun ini," katanya.

Ia meminta kepada Pemkab Rohil supaya mengantisipasi lebih awal terkait kekurangan anggaran itu.

"Memang di Rokan Hilir baru tahun ini terjadi. Tapi kalau kita antisipasi lebih awal tentu hal seperti itu tidak akan terjadi. Sekali lagi kami DPRD bersama pemerintah setempat minta maaf karena belum bisa memenuhi kewajiban itu," tuturnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi