Legislator Rohil: Sektor Pendidikan Merupakan Faktor Penentu Kualitas SDM

id legislator rohil, sektor pendidikan, merupakan faktor, penentu kualitas sdm

Legislator Rohil: Sektor Pendidikan Merupakan Faktor Penentu Kualitas SDM

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Anggota DPRD Rokan Hilir Provinsi Riau, Habib Nur mengaku masih memprioritaskan bidang pendidikan pada tahun anggaran 2017, mengingat kualitas sumber daya manusia didaerah itu harus ditingkatkan.

"Dunia pendidikan menjadi faktor penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya siswa sekolah di Rokan Hilir, apalagi pemerintah daerah komitmen," kata Habib Nur saat menggelar reses ketiga di Bagansiapiapi, didampingi Anggota DPRD Rohil, Suryati, Minggu.

Reses dihadiri Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), pengawas, kepala sekolah dan guru SD se-Kecamatan Bangko, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi.

Habib Nur menilai, baik atau tidaknya mutu pendidikan bukan semata-mata tergantung tinggi rendahnya gaji guru, melainkan niat dan keseriusan tenaga pendidik dalam mengajar di sekolah.

"Kalau guru sudah tidak semangat mengajar bagaimana pencapaian mutu pendidikan bisa baik. Kalau finansial hanya pendukung, tetapi terpenting dari niat dan keinginan guru itu sendiri," katanya pula.

Ia menambahkan, dalam reses yang dilaksanakan bahwa guru mengeluhkan masalah pemotongan dana sertifikasi. Tetapi, DPRD lebih memprioritaskan gaji agar dapat segera dibayarkan.

"Kita sudah kaji pengaruh peningkatan mutu pendidkan, honor guru dengan kondisi dulu dan sekarang yang sedang mengalami defisit. Hasilnya sama saja dan ini tentu akan ditinjau apakah manajemen pendidikanya atau personalnya," jelasnya.

Selain itu juga terungkap usulan guru untuk mendirikan koperasi disekolah, tujuannya untuk mempermudah para guru dalam melakukan pinjaman hingga menunggu pembayaran gaji atau honor bagi guru honorer.

"Sekarang ini guru meminjam uang kepada pihak ketiga yang bunganya cukup besar. Makanya mereka mengusulkan untuk mendirikan koperasi sekolah. Usulan ini nantinya akan kami bahas bersama Pemkab Rohil," ucap Politisi Partai PKB itu.

Sementara itu Anggota DPRD Rohil, Suryati menambahkan, reses yang digelar ini bertujuan selain silaturahmi juga menampung aspirasi para guru.

"Dengan adanya pertemuan ini tentu saling berbagi informasi dan kami mengharapkan kepada para guru supaya ditingkatkan lagi mutu pendidikan," harap dia.

Ia juga mengharapkan kepada Pemkab Rohil untuk mempertahankan dan tidak mengurangi tenaga honorer guru yang sudah ada.

"Kalau bisa tenaga honorer ini dipertahankan. Namun tidak kalah pentingnya guru mengharapkan pembayaran honor daerah agar secepatnya dibayarkan," tuturnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi