Awasi Beredarnya Produk Luar Negeri, Disperindag Rohil Gencar Lakukan Sidak

id awasi beredarnya, produk luar, negeri disperindag, rohil gencar, lakukan sidak

Awasi Beredarnya Produk Luar Negeri, Disperindag Rohil Gencar Lakukan Sidak

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau terus melakukan pengawasan barang luar negeri dengan melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke seluruh toko swalayan dan minimarket.

"Kami sudah membentuk tim dan terus melakukan sidak untuk mengawasi masuknya produk luar negeri, karena Rohil ini banyak memiliki pelabuhan tikus yang tidak tertutup kemungkinan barang-barang ilegal tersebut masuk melalui jalur itu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Rohil, Syafruddin di Bagansiapiapi, Jumat.

Ia menegaskan bahwa pengawasan yang dilakukan tersebut juga dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Pergantian Tahun Baru 2017.

"Memang keterbatasan personil menjadi kendala dilapangan, namun kami nanti akan meminta bantuan Satpol PP termasuk pihak kepolisian untuk mengawasi masuknya barang ilegal tersebut. Tapi yang pasti sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru kami akan terus meningkatkan pengawasan," kata dia.

Ia mengakui bahwa baru-baru ini Disperindag Rohil juga terus melakukan sidak ke sejumlah minimarket yang ada dibeberapa kecamatan di Rohil khususnya didalam pusat ibukota Kabupaten.

"Sidak yang dilakukan itu kami hanya memberikan teguran kepada pemiliknya agar makanan dan minuman yang sudah kedaluarsa tidak dijual lagi karena sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat," ucap Syafruddin.

Dia mengimbau kepada para pedagang untuk tidak menjual produk makanan dan minuman kedaluarsa yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain itu masyarakat sebagai konsumen tentunya harus cerdas untuk memilah produk makanan maupun minuman agar tidak mengkonsumsi makanan yang membahayakan bagi kesehatan.

"Konsumen sebelum membeli produk makanan dan minuman harus teliti, terutama masa kedaluarsa. Sebab, makanan kedaluarsa bisa membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi," imbaunya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi