Ekspor Bahan Kimia Riau Mengalami Kenaikan 9,31 Juta USD

id ekspor bahan, kimia riau, mengalami kenaikan, 931 juta usd

Ekspor Bahan Kimia Riau Mengalami Kenaikan 9,31 Juta USD

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat dari 10 golongan barang ekspor non migas terbesar pada September 2016, dibanding Agustus kenaikan terbesar antara lain terjadi pada bahan kimia organik yang tercatat sebesar 9,31 juta dolar AS.

"Untuk golongan barang ekspor terbesar kedua adalah ampas dan sisa industri makanan yang tercatat sebesar 6,44 juta dolar AS," kata Kepala BPS Riau, Aden Gultom dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, jenis golongan barnag ekspor terbesar ketiga Riau adalah berbagai produk kimia yang tercatat sebesar 5,24 juta dolar AS, berikutnya bahan-bahan nabati yang tercatat sebesar 1,24 juta dolar AS.

Namun penurunan barang ekspor Riau terjadi pada bubur kayu (Pulp) yang tercatat sebesar 8,67 juta dolar AS, berikutnya lemak & minyak hewan/nabati yang tercatat sebesar 5,89 juta, tembakau 1,29 juta dolar AS, serta kertas dan karton yang tercatat sebesar 0,47 juta.

"Selama Januari-September 2016, ekspor sepuluh golongan barang utama non migas (HS 2 dijit) memberikan kontribusi sebesar 99,05 persen terhadap total ekspor non migas,"katanya.

Akan tetapi dari sisi pertumbuhan, katanya lagi, ekspor sepuluh golongan barang utama non migas tersebut mengalami penurunan sebesar 5,95 persen terhadap periode yang sama tahun 2015.