Wali Kota Dumai Siapkan SDM Dan Infrastruktur Puskesmas Setara RSU

id wali kota, dumai siapkan, sdm dan, infrastruktur puskesmas, setara rsu

Wali Kota Dumai Siapkan SDM Dan Infrastruktur Puskesmas Setara RSU

Dumai (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai, Riau, Zulkifli As berencana menjadikan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas setara dengan rumah sakit umum dengan dukungan fasilitas dan infrastruktur memadai serta sumber daya manusia.

Untuk mencapai itu, berbagai terobosan dan peningkatan pelayanan kesehatan terus dilakukan dengan prioritas anggaran daerah 20 persen dan dukungan bantuan keuangan dari pemerintah provinsi.

"Pemerintah terus memperkuat pelayanan dasar kesehatan masyarakat di Puskesmas lewat berbagai terobosan dan peningkatan fasilitas pubilk agar setara dengan rumah sakit," kata Zulkifli di Dumai, Jumat.

Disebutkan, beberapa program unggulan di bidang pelayanan kesehatan masyarakat telah dilakukan, misalnya, penerapan sistem informasi kesehatan daerah (Sikda) optima berbasis online android di tiga Puskesmas.

Penerapan sikda optima ini resmi diluncurkan di Puskesmas Santun Usila di Kelurahan Laksamana Dumai oleh Wali Kota Zulkifli As bertujuan untuk memudahkan dan peningkatan pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat.

"Sikda optima ini bukti komitmen pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pasien peserta badan penyelenggara jaminan sosial," ucapnya.

Selain itu, dari 10 Puskesmas dikelola Dinas Kesehatan di kota pesisir Provinsi Riau itu, saat ini sudah tujuh yang terakreditasi untuk memenuhi standar pelayanan, pembinaan peningkatan mutu dan kinerja perbaikan manajemen.

Peningkatan infrastruktur dan alat kesehatan Puskesmas juga mendapat dukungan pendanaan dari Pemerintah Provinsi Riau senilai total belasan miliar rupiah pada tahun anggaran 2016 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal menyebutkan, penerapan sikda optima di sejumlah Puskesmas merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI diberikan secara gratis untuk kemudahan pelayanan.

Menurut dia, Puskesmas di Kota Dumai termasuk tercepat di Provinsi Riau menjalankan program sikda optima dengan pemanfaatan kecanggihan teknologi yang dapat digunakan masyarakat umum dan peserta BPJS.

"Pelayanan sikda optima ini memudahkan pasien untuk mendaftar rawatan, konsultasi atau mengecek obat dibutuhkan hanya dengan penggunaan tablet atau android yang berbasis online," kata Paisal.

(Infotorial/Pemko Dumai)