Ribuan Pemain Kompang Siak Pecahkan Rekor MURI

id ribuan pemain kompang siak pecahkan rekor muri

Ribuan Pemain Kompang Siak Pecahkan Rekor MURI

Siak (Antarariau.com) - Siak pecahkan rekor muri Indonesia pemain kompang terbanyak yang diserahkan langsung oleh direktur museum RI kepada Bupati Syamsuar pada pembukaan iven balap sepeda internasional "Tour De Siak" 2016.

"Pada tahun ini pembukaan TDSi dimeriahkan dengan permainan rakyat seperti gasing dan parade kompang yang dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa," kata Bupati Siak Syamsuar, Selasa.

Sebanyak 2.676 pemain kompang meriahkan pembukaan iven balap sepeda internasional "Tour De Siak" yang berlangsung dari tanggal 17-22 Oktober 2016 di lapangan tugu depan Istana Siak Sri Indrapura.

Pada kesempatan yang sama adanya pemberian rekor muri pemain kompang terbanyak di Indonesia yang diberikan kepada Bupati Siak Syamsuar oleh direktur MURI.

Katanya pemecahan rekor muri pemain kompang ini adalah perolehan prestasi dari pelajar Siak di Indonesia. Ini adalah peristiwa kooperatif dari hasil karya dan karsa anak bangsa yang patut diapresiasi dan dibanggakan.

Lebih lanjut dia mengatakan, Siak juga berhasil memecahkan rekor muri pemain kompang terbanyak di Indonesia dari tim penilai rekor muri museum Republik Indonesia.

Berdasarkan pantauan Antara masyarakat antusias menyaksikan pembukaan Tour De Siak 2016 yang dimeriahkan oleh permainan rakyat parade kompang dan gasing yang dimainkan oleh siswa dasar dan seluruh pelajar SMP dan SMA se-kabupaten Siak dan orang dewasa.

"Adanya permainan kompang dan juga gasing pada tahun ini, sengaja dibuatkan sebagai pembeda dari sebelumnya," paparnya lagi.

Kompang merupakan kesenian Melayu yang dimainkan secara beregu dalam keadaan duduk, berdiri atau berjalan. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam acara pernikahan dan pawai menyambut pejabat daerah atau pejabat negara.

Oleh: Nella Marni