Perusahaan Drone Tiongkok Ciptakan Drone Yang Bisa Membawa Manusia

id perusahaan drone, tiongkok ciptakan, drone yang, bisa membawa manusia

Perusahaan Drone Tiongkok Ciptakan Drone Yang Bisa Membawa Manusia

Jakarta (Antarariau.com)- Selama ini yang kita ketahui tentang drone ialah sebuah kendaraan udara tanpa awak yang dikendalikan menggunakan pengendali jarak jauh. Drone ini biasanya digunakan oleh pihak militer untuk kegiatan pengintaian ataupun dalam kegiatan menjalankan misi rahasia.

Namun, sebuah perusahaan pembuat drone di Tiongkok, bernama Ehang Inc belum lama ini meluncurkan sebuah drone yang memungkinkan untuk dinaiki oleh seorang penumpang. Ehang Inc mengklaim bahwa drone yang mereka ciptakan tersebut merupakan yang pertama di dunia.

Drone yang diberi nama Drone Ehang 184 tersebut berbentuk seperti helikopter dengan dilengkapi empat baling-baling yang berada sejajar dengan tanah. Di bagian tengah drone terdapat kabin yang mampu memuat satu penumpang. Kabin tersebut dilengkapi bagasi kecil, lampu baca dan juga pendingin.

Drone tersebut menggunakan tenaga listrik. Untuk memeroleh daya hingga penuh, drone mesti dipasok listrik selama tiga hingga empat jam. Dalam keadaan daya yang terisi penuh, drone ini mampu terbang selama 23 menit dengan ketinggian rendah antara 300-500 meter dan maksimal ketinggian terbang hingga 11.500 kaki atau sekitar 3,5 km. Drone ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 100 km/jam. Drone Ehang 184 mampu menahan beban hingga 130 kg.

Drone ini terbilang cukup aman karena sistem pengendaliannya menggunakan GPS sehingga Anda cukup menentukan lokasi tujuan Anda. Jika dalam perjalanan daya baterai pada drone melemah, secara otomotis drone tersebut akan mendarat di lokasi yang dinyatakan aman. Drone ini memiliki bobot 227 kg. Drone ini relatif tidak terlalu berat karena hampir seluruhnya dibuat dengan bahan serat karbon. Harga drone ini ketika rilis di pasaran ditaksir mencapai USD200 ribu hingga USD300 ribu (atau setara Rp2,78 miliar hingga Rp4,17 miliar). Demikian tulis GoHitz.