Galakkan Kegiatan Skala Internasional, Pemkab Siak Ingin tingkatkan Kunjungan Wisatawan

id galakkan kegiatan, skala internasional, pemkab siak, ingin tingkatkan, kunjungan wisatawan

Galakkan Kegiatan Skala Internasional, Pemkab Siak Ingin tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Siak, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau optimis bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara pada 2016 ini karena daerah setempat sudah mulai menggalakkan kegiatan-kegiatan hingga tingkat internasional.

"Tahun 2106 ini Bupati Syamsuar menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 150 ribu orang. Hingga per 31 Agustus ini sudah terealisasi sebanyak 87 ribu kunjungan datang ke Kabupaten Siak," kata Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak Tri Handoko Pramono di Siak, Selasa.

Dia mengatakan dalam kurun waktu empat bulan kedepannya pihaknya optimis bisa melebihi target yang sudah ditetapkan, karena selama kurun waktu tersebut akan ada beberapa kegiatan menarik yang diadakan di Kabupaten Siak.

Kegiatan itu adalah Dirgahayu Siak ke-17 akan menampilkan permainan dan jajanan khas daerah setempat, lalu Silat Sejori pada November, dan Tour de Siak balap sepeda internasional.

"Akan ada beberapa iven yang kita taja guna mempromosikan wisata daerah. Salah satunya Silat Sejori yang akan direncanakan pada November 2016 ini dengan melibatkan negara serumpun seperti Malaysia dan Singapura," paparnya.

Dia juga mengatakan, pada 2015 kunjungan wisatawan Kabupaten Siak ada sebanyak 105 ribu orang, angka tersebut sudah melebihi dari target sebesar 65.000. Katanya lagi Pemda sudah mulai menggalakkan kerja sama dengan tour dan travel untuk semakin mempermudah ajang promosi.

"Kita saat ini juga sedang memperbincangkan kerjasama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia," ucapnya.

Katanya lagi pengemasan wisata bersejarah terus dilakukan, seperti perbaikan klaster kawasan istana Siak dan pendirian pasar seni untuk memudahkan wisatawan mencari dan membeli oleh-oleh khas Kabupaten Siak diantaranya miniatur, baju, kuliner, dan yang lainnya.

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar mengatakan, di abad ke-21 ini semuanya berada di era industri kreatif. Kedepan, industri pariwisata yang didukung oleh ekonomi kreatif yang sudah memiliki nilai komersial yang tinggi dan menjadi primadona.

Dalam konteks ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam memajukan sektor tersebut.

"Tidak hanya memanfaatkan objek yang ada, melainkan juga penambahan, serta menggiatkan iven-iven untuk menarik wisatawan. Pariwisata telah dimasukkan sebagai bisnisnya negara," kata Bupati Siak Syamsuar.

Oleh: Nella Marni