Ribuan Pemain Kompang Akan Buka TDS 2016

id ribuan pemain, kompang akan, buka tds 2016

Ribuan Pemain Kompang Akan Buka TDS 2016

Siak, Riau (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau tengah mempersiapkan rangkaian acara balap sepeda internasional Tour De Siak 2016 yang dijadwalkan pada 17-20 Oktober mendatang, dengan dimeriahkan 2.000 peserta pemain kompang dalam pembukaannya.

"Dua ribu peserta kompang akan memeriahkan pembukaan TDS 2016 di lapangan tugu depan Istana Siak Sri Indrapura. Peserta kompang tersebut memakai tanjak yang sudah di sablon dengan tulisan Pesona Indonesia," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak Hendrisan, Selasa.

Dia mengatakan TDS 2016 bakal menonjolkan budaya daerah dan permainan rakyat pada acara pembukaan sebagai pembeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kompang yakni sejenis alat musik tradisional masyarakat melayu yang biasa dimainkan secara beramai-ramai sekitar 10 sampai 20 orang.

"Salah satu yang menjadi evaluasi untuk tahun ini adalah pada acara pembukaan. Biasanya kita adakan pada malam hari, tahun ini bakal dimulai pukul 14.00 WIB, agar tidak menganggu waktu istirahat atlet, karena banyak atlet yang sudah meninggalkan tempat acara sebelum selesai," katanya lagi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah menyatakan bahwa acara tersebut sudah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Siak. Tahun 2016 ini memasuki tahun yang ke-empat kalinya.

"Tour de Siak merupakan acara tahunan yang di selenggarakan Pemkab Siak dan ini memasuki ke-4 kalinya yang akan di selenggarakan pada tanggal 17-20 Oktober. Saya berharap kepada dinas yang terkait serta pada seluruh panitia agar bisa menyiapkan segala keperluan dengan semaksimal mungkin," ucap Sekda Siak TS Hamzah.

Hamzah juga mengatakan bahwa pelaksanaan TDS tahun ini tidak seperti biasanya, selain akan menonjolkan budaya dan permainan rakyat pada pembukaannya. Pemkab Siak juga akan merubah sedikit jadwal dari yang biasanya September diundur ke Oktober karena pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke XIX di Provinsi Jawa Barat.

Adanya permainan kompang dan juga gasing pada tahun ini, sengaja dibuatkan sebagai pembeda dari sebelumnya, dengan alasan Menteri Pemuda dan Olahraga akan datang menghadiri.

Kata Hamzah seperti pada tahun-tahun sebelumnya rangkaian acara TDS 2016 dimulai dengan Fun Bike, Pembukaan Lomba Fotografi dan Pembukaan Pameran Bazar Ekonomi Kreatif.

Untuk sekedar informasi, sampai saat ini sudah dua tim yang mendaftar yakni team Lomba Bicycle Trengganu dari Malaysia dan Vietnam.

Oleh: Nella Marni