Ridwan Kamil Apresiasi Visi Dan Misi Wako Pekanbaru

id ridwan kamil, apresiasi visi, dan misi, wako pekanbaru

Ridwan Kamil Apresiasi Visi Dan Misi Wako Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yakin dimasa datang Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, bisa menjadi gerbang ekonomi dan teknologi di Sumatera.

"Pekanbaru memiliki modal dasar pertumbuhan ekonomi dan investasi yang bagus di tingkat nasional," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pekanbaru, Jumat.

Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil ini sangat mengapresiasi visi Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam pembangunan.

Hal ini dinilainya sejalan dengan visinya di Bandung untuk memajukan perekonomian dan teknologi dimasa datang.

Menurut dia, untuk menjadi gerbang ekonomi di Sumatera, modal dasar yang dimilliki Pekanbaru saat ini yakni pertumbuhan ekonomi dan teknologi "smart city" perlu didukung bersama baik oleh masyarakatnya, maupun sesama pejabat dan kepala daerah yang memiliki kemiripan struktur pertumbuhan.

"Kekuatan Pekanbaru dari ekonomi itu harus dipertahankan dulu, kemudian Firdaus bisa meningkatkan kelasnya dari nasional menjadi level global," saran dia.

Selanjutnya sebut Kang Emil kalau Pekanbaru memiliki semangat seperti itu, maka Bandung juga sama sehingga bisa menjalin kerjasama untuk saling mendukung.

"Kerjasama ini nantinya sama-sama ingin membangun Bandung jadi gerbang ekonomi di Jawa dan Pekanbaru di Sumatera. Jadi Firdaus perlu diapresiasi agar melanjutkan pembangunan visinya hingga menjadi kota paling maju di wilayah Barat," tegas Kang Emil.

Kang Emil menambahkan kerjasama Pekanbaru dan Bandung bisa banyak hal, salah satunya tentang teknologi untuk mewujudkan "smart city".

Sebut dia, di Bandung saat ini ada 300 aplikasi software yang bisa melakukan revormasi birokrasi dengan cepat. Sebahagian bisa digunakan dan dihibahkan kepada Pekanbaru.

"Saya punya software e-budgeting yang bisa menghemat anggaran hingga Rp1 triliun," katanya mencontohkan.

"Makanya kita harus punya prinsip harus sering kolaborasi kurangi kompetisi," katanya menambahkan.

Ia berjanji kerjasama kedua belah pihak akan segera dirancang sehingga bisa segera dilakukan transfer pengetahuan. Termasuk SDM yang akan memberikan penularan ilmu.

Wako Pekanbaru mengakui sangat menyambut baik akan ada kerjasama dengan Bandung dibidang teknologi.

Karena ada persamaan Pekanbaru dan bandung. Namun Ridwan Kamil lebih maju selangkah dan sudah mulai dari tahun lalu.

"Bandung jelas miliki smber daya manusia lebih baik dari Pekanbaru. Kita baru mulai lewat pemberdayaan PMB-RW, mesjid paripurna," katanya menerangkan.

Demikian juga dengan teknologi sambung Firdaus, Pekanbaru belum terintergasi masih parsial.

"Bandung sudah sejak 2016 menjadi kota yang pintar atau "smart city" katanya membandingkan.

Karena itu Firdaus yakin dengan berguru dan belajar serta bekerjasama dengan Pemkot Bandung dirinya bisa membawa Pekanbaru menjadi kota global di Sumatera.

"Pekanbaru bukan hanya akan kita bawa menjadi kota termaju di Sumatera," katanya bertekat.