Masuki Tahun Ajaran Baru, Masyarakat Serbu Toko Grosir Baju Sekolah

id masuki tahun, ajaran baru, masyarakat serbu, toko grosir, baju sekolah

Masuki Tahun Ajaran Baru, Masyarakat Serbu Toko Grosir Baju Sekolah

Kuantan Singigi (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau memadati toko grosir baju seragam sekolah untuk membeli perlengkapan anak pada awal tahun ajaran baru sekolah 2016-2017.

"Kami pergi ke sejumlah toko yang menjajakan pakaian harga tidak terlalu mahal," kata salah satu warga Kuantan Singingi (Kuansing) Sarmi di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, dengan kondisi ekonomi yang belum stabil, kebutuhan pakaian dan buku tulis anak sekolah dibeli di grosiran yang ada di Kota Teluk Kuantan, karena harga dapat terjangkau oleh warga dan kualitas seragam juga tinggi.

Masyarakat berbondong-bondong datang untuk melakukan transaksi pembelian pakaian sekolah sejak seminggu sebelum masuk sekolah, dengan harapan kebutuhan dapat terpenuhi sehingga anak bisa bersekolah seperti biasa setelah libur kenaikan kelas maupun pendaftaran baru.

"Kami merasa sangat tertolong dengan adanya grosiran," sebutnya.

Menurut Joni (57) salah seorang warga Teluk Kuantan di tokoh grosir pakaian mengatakan, sudah menjadi tradisi, setiap kenaikan kelas anak sekolah terutama anak SD akan membeli baju seragam, Rok, Celana Baru, sepatu baru, serta buku baru juga yang telah lolos tahun ajaran baru.

Diakuinya, untuk kebutuhan sekolah dirinya membelikan baju seragam di toko grosir karena di toko tersebut sudah tersedia bermacam ukuran yang dibutuhkan selain harganya sedikit murah.

"Harga baju seragam anak SD ditoko grosir hanya berkisar Rp50.000 - Rp60.000 perlembar," ujarnya.

Sedangkan harga topi hanya Rp10.000 perbuah dan harga kaos Rp5000 rupiah serta pakaian seragam ukuran jumbo anak SD sepasang Rp150.000 lebih rendah dari harga toko biasa.

Salah satu pedagang di Kota Teluk Kuantan menyebutkan, sejak dua tiga hari lalu kondisi penjualan meningkat tajam, masyarakat ratusan datang untuk membeli baju grosiran yang harganya lebih ringan dibandingkan dengan toko baju lainnya.

"Kami juga tidak mematok harga tinggi, ssama dengan di Kota Pekanbaru dan Padang," urainya.

Menurutnya, sebaiknya Pemerinta Kuantan Singingi membangun pasar grosiran khusus, untuk membantu masyarakat dan menjadi tujuan wisata di Kuansing.