ComicFest ID, Ajang Apresiasi Karya Komikus Indonesia

id comicfest id, ajang apresiasi, karya komikus indonesia

ComicFest ID, Ajang Apresiasi Karya Komikus Indonesia

Jakarta (Antarariau.com)– Buat Anda yang tergila-gila dengan komik lokal dan luar, budaya populer hingga cosplayer, Anda mesti menghadiri ComicFest ID yang akan berlangsung di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta pada 28-29 Mei 2016.

“ComicFest ID memang event yang dirancang khusus dengan membawa visi untuk mengapresiasi karya komikus Indonesia dari yang indie hingga senior. Dan kami sengaja memberikan porsi besar untuk mereka. Bahkan kami menyediakan space gratis bagi para komikus senior untuk menghargai perjuangan mereka dulu,” kata Chris Lie, direktur utama PT. Wahana Inspirasi Nusantara di Jakarta.

Lantas, siapa sajakah komikus lokal yang hadir? Mereka adalah Hasmi (Gundala Putera Petir), Hans Jaladara (Panji Tengkorak, Intan Permata Rimba), Gerdi WK (Gina, Santini, Boda), Kus Bram (Labah-labah Merah), dan komik Jaka Sembung karya Djair Warni, masih banyak lagi.

Selain itu, komikus dan internasional juga turut hadir, seperti Gaku Miyao dari penerbit Shonen Gahosha, Jepang; Harvey Tolibao yaitu komikus Marvel yang terkenal dengan karyanya di komik X-Men dan Green Lantern dari Filipina; serta Kim Jacinto yang juga adalah komikus Marvel yang terlibat dalam komik The Incredible Hulk; ilustrator dan concept artist Puppeteer Lee dan Zeen yang terlibat dalam ilustrasi Legend of the Cryptids dari Malaysia. Seru, kan!

Sedangkan dari jajaran cosplayer, terdapat Liui Aquino dari Filipina, Ying Tze dari Malaysia, Orochi X dari Australia serta para cosplayer populer dari Indonesia seperti Pinky Lu Xun, Franzeska Edelyn, Matcha Mei, Clarissa Punipun, Jeanice Ang, Zainaru, dan Erlan.

Menariknya, ComicFest ID juga menyelenggarakan lomba cosplay berhadiah Rp 12 juta yang dikhususkan untuk karakter komik lokal Indonesia yang akan meramaikan live show kisah The Grand Legend Ramayana atau hikayat Ramayana dalam versi modern.

Selain itu, ComicFest ID juga mengadakan workshop ilustrasi yang dibawakan oleh komikus dan ilustrator tingkat profesional demi memperdalam keahlian mereka dan bersiap untuk terjun ke dunia profesional.

Sementara itu, Andik Prayogo, creative director PT. Wahana Inspirasi Nusantara menambahkan bahwa ComicFest ID juga merupakan event pop-culture pertama di Indonesia yang mengusung program CSR oleh perusahaan sponsor yang berniat untuk berkontribusi langsung terhadap perkomikan lokal melalui program Booth Cashback.

"Jadi, para perusahaan sponsor bisa berperan lebih dalam dan memberikan manfaat langsung kepada komikus indie melalui program CSR ini," imbuh Andik.

Sumber: Gohitz