Dukung Swasembada Beras, Pemkab Inhu Serahkan 16 Unit Traktor Tangan

id dukung swasembada, beras pemkab, inhu serahkan, 16 unit, traktor tangan

Dukung Swasembada Beras, Pemkab Inhu Serahkan 16 Unit Traktor Tangan

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menyerahkan 16 unit mesin traktor tangan atau "hand tracktor" kepada kelompok tani didaerah untuk dipergunakan sebagai alat pertanian dalam mendukung swasembada beras.

"Total mencapai 56 unit hendtraktor, 10 unit sudah diserahkan sebelumnya," kata Wakil Bupati Indragiri Hulu, Khairizal di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, penyerahan sebanyak 16 unit ini dilakukan pada saat upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 20 di Halaman Kantor Bupati Inhu Senin 25 April 2016.

Traktor tangan 20 unit berikutnya masih dalam proses perakitan dan 10 unit lagi direncanakan akan kembali diberikan kepada para kelompok tani dalam waktu dekat.

"Sebaiknya semua bantuan itu dapt dijaga dengan baik oleh kelompok tani," sebutnya.

Wakil Bupati Khairizal mengharapkan dengan adanya bantuan ini produksi padi semakin meningkat, agar proses ini tidak berhenti disini, kepada semua pihak khususnya Dinas Pertanian Inhu, diharapkan dapat menjalin komunikasi bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat untuk membantu para petani dalam upaya pemasaran hasil panen sekaligus penetapan harga yang menguntungkan petani.

Kepala Dinas Pertanian Indragiri Hulu Rahmat juga mengatakan, total ada 16 kelompok tani dari 7 kecamatan yang menerima bantuan mesin handtraktor.

"Empat Kelompok tani dari Kecamatan Rakit Kulim, tujuh dari Kecamatan Kuala Cenaku," ujarnya.

Sementara Kecamatan Peranap, Rengat, Rengat Barat, Seberida dan Batang Cenaku masing-masing satu kelompok tani, semua itu adalah usulan sebelumnya.

Menurut Rahmat, anggaran pengadaan mesin handtraktor ini berasal dari APBN tahun 2016, kedepan, masih ada bantuan beberapa unit mesin lagi yang diserahkan diantaranya, traktor roda empat dan mesin exavator.

"Ini sebagai upaya Pemkab Inhu mendukung pencapaian target swasembada pangan Indonesia khususnya di Inhu," terangnya.