Bengkalis cek ketersedian beras di Bulog jelang Idul Adha

id pemkab bengkalis,kabupaten bengkalis,bulog,idul adha

Bengkalis cek ketersedian beras di Bulog jelang Idul Adha

Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembanguanan Toharudin bersama melakukan Dinas Ketahanan Pangan Bagian Perekonomian melakuakan peninjauan ke gudang Bulog dalam rangka mengecek ketersedian beras untuk beberpa bulan kedepan dan juga dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin bersama melakukan Dinas Ketahanan Pangan Bagian Perekonomian melakukan peninjauan ke gudang Bulog dalam rangka mengecek ketersediaan beras untuk beberapa bulan ke depan dan juga dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha.

"Berdasarkan laporan dari Pemimpin Cabang Bulog Bengkalis pada hari ini akan menyalurkan Program Bapanas tahap tiga di Kabupaten Bengkalis, hari ini juga akan kita salurkan beras di Desa yang ada di Kecamatan Bantan, bagi Keluarga Penerima Manfaat akan mendapatkan 10 kg beras," kata Toha dalam peninjauannya, Senin.

Toha juga berharap kepada dinas terkait agar selalu mengecek ketersediaan bahan pangan yang ada di Kabupaten Bengkalis, terkait hewan qurban diharapkan dicek kesehatannya, sehingga dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban nanti terlaksana dengan lancar tanpa ada hambatan.

"Alhamdulillah melalui program bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) saat ini memang dirasakan manfaatnya bagi Keluarga Penerima Manfaat dalam pemenuhan pangan terutama saat menghadapi Idul Adha," ungkapnya.

Sebelum melakukan peninjauan Asisten mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tito Karnavian secara virtual, dalam arahannya Tito mengatakan dalam rangka mendekati Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) pada akhir bulan Juni 2023, perlu perhatian dan langkah antisipasi bersama terkait ketersediaan bahan kebutuhan pokok serta penyakit terhadap hewan ternak pada sapi, kambing dan domba.

"Kepada seluruh Dinas terkait baik itu Dinas Perindag dan Dinas Ketahanan Pangan untuk mengecek stok bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak curah, lada, bawang terpenuhi menjelang Idul Adha, berikan patokan harga pangan tersebut stabil,” pinta Tito.

Kita lihat data dari Satgas Polri stok beras program SPHP bulan Juni Minggu Ke-III 2023 tambah Tito, dari data hasil pengecekan sebanyak 603 titik lokasi stok beras SPHP sebanyak 14.483.632 Kg. Artinya dari data tersebut menjelang hari raya Idul Adha terpenuhi.

"Terkait beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harganya, secepatnya dilakukan kebijakan,” harapnya. (IInfotorial)