Dinkes Riau Masih Bantu Biaya Transportasi Pemilik Kartu Jamkesda

id dinkes riau, masih bantu, biaya transportasi, pemilik kartu jamkesda

Dinkes Riau Masih Bantu Biaya Transportasi Pemilik Kartu Jamkesda

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau, kini masih melanjutkan bantuan biaya transportasi sebesar Rp100 ribu/hari bagi pemilik kartu Jamkesda yang mendapat rujukan perawatan ke rumah sakit di Jakarta.

"Program ini masih terus dilanjutkan bersumber dari APBD Provinsi Riau sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Riau dalam meringankan beban keuangan masyarakat miskin untuk mendapatkan penanganan kesehatan tingkat lanjutan dengan penyakit kronis," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, selain uang transportasi pasien Jamkesda, juga memperoleh biaya akomodasi sebesar Rp1,2 juta sebulan, konsumsi Rp50 ribu per hari.

Ia mengatakan, selain pasien pemegang kartu Jamkesda, uang transportasi juga diberikan pada pendamping pasien untuk satu orang atau untuk seorang anggota keluarga mereka yang mendamping anggota yang sakit.

"Jamkesda merupakan program jaminan bantuan pembayaran biaya pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat berasal dari APBD masing-masing kabupaten dan kota," katanya.

Ia mengatakan, program Jamkesda diselenggarakan dengan pendekatan yang menerapkan kendali biaya dan kendali mutu melalui pelayanan kesehatan yang terstruktur dan berjenjang berdasarkan rujukan.

"Program ini, dilaksanakan dengan menggunakan seluruh Puskesmas dan RS di dalam wilayah maupun di luar wilayah Riau yang telah memiliki perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau," katanya.

Kebijakan pembiayaan program Jamkesda bersumber dari APBD I Provinsi Riau dan anggaran pendamping dari masing-masing kabupaten dan kota se Riau.