Harga Kebutuhan Rumah Tangga Naik, Pedesaan Riau Inflasi 0,74 Persen

id harga kebutuhan, rumah tangga, naik pedesaan, riau inflasi, 074 persen

Harga Kebutuhan Rumah Tangga Naik, Pedesaan Riau Inflasi 0,74 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat bahwa perdesaan Riau selama Maret 2016 mengalami inflasi sebesar 0,74 persen.

"Inflasi perdesaan Riau terjadi antara lain akibat kenaikan indeks pada hampir seluruh kelompok pengeluaran konsumsi rumah tangga yaitu kelompok bahan makanan yang naik sebesar 1,49 persen, kelompok makanan jadi naik sebesar 0,15 persen," kata Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsad, di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, penyebab lain terjadi inflasi di perdesaan Riau adalah kelompok sandang naik sebesar 0,18 persen, kelompok kesehatan naik sebesar 0,42 persen, dan kelompok transportasi dan komunikasi mengalami kenaikan indeks sebesar 0,33 persen.

Ia menyatakan, inflasi perdesaan Riau dihitung oleh BPS berdasarkan survei pada sepuluh kabupaten di daerah ini.

"Inflasi Riau sebesar 0,74 persen itu, sekaligus menggambarkan perubahan Indeks Konsumsi Rumah Tangga," kata dia pula.

Dia mengatakan, faktor lain yang mempengaruhi inflasi perdesaan Riau adalah kelompok perumahan dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami penurunan indeks masing-masing sebesar 0,18 persen dan 0,03 persen dibanding bulan sebelumnya.

Dia menjelaskan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu indikator ekonomi penting yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga barang dan jasa berupa inflasi/deflasi di tingkat konsumen di daerah perkotaan.

"Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga di suatu daerah tertentu," katanya pula