Begini Cara Pemprov Riau Jaring Petani Potensial 12 Kabupaten Kota

id begini cara, pemprov riau, jaring petani, potensial 12, kabupaten kota

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Riau menjaring petani potensial dari 12 Kabupaten/Kota melalui koordinasi dengan kabupaten yang mewakili.

"Proses rekruitmennya diserahkan kepada kabupaten," ujar Masrizal, Sekretaris Pelaksana Diklat, Rabu.

Menurutnya proses rekruitmen di serahkan pada Badan Penyuluhan dan Pelaksana Ketahanan Pangan kabupaten masing-masing kemudian nama-nama yang telah dipilih tersebut di kirim ke UPT Pelatihan Provinsi.

Ia juga mengatakan bahwa peserta rata-rata adalah ketua kelompok tani di daerahnya masing-masing. Peserta tersebut akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan yang telah ditelah atur oleh UPT Pelatihan.

"Rangkaian pelatihan ini tidak hanya memberi materi saja tetapi juga praktik langsung,"terangnya.

Praktek yang dimaksud akan dilaksanakan pada hari sabtu 19 Maret 2016 di Kabupaten Kampar.

"Peserta akan dibawa ke Kampar untuk melihat aktivitas petani disana dan langsung dipraktikkan,"tambahnya.

Lebih jauh ia belum dapat memastikan tepatnya lokasi yang akan digunakan untuk membawa para petani peserta pelatihan tersebut. Namun demikian ia menjelaskan tujuan kegiatan ini.

"Tujuannya adalah untuk mengetahui potensi lahan yang ada di daerah masing-masing, jangan sampai salah tanam," jelasnya.

Dia menambahkan sangat penting bagi petani untuk mengetahui potensi lahannya agar dapat disesuaikan dengan jenis benih atau bibit tanaman nantinya.(Agustine Sri Pamungkas)