Indragiri Hilir Siapkan 650 Pos Pelayanan Khusus PIN Polio

id indragiri hilir, siapkan 650, pos pelayanan, khusus pin polio

Indragiri Hilir Siapkan 650 Pos Pelayanan Khusus PIN Polio

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, menyediakan 650 pos pelayanan khusus dalam pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional pada 8-15 Maret.

"Pos pelayanan polio ini terdiri dari 600 Posyandu dan 50 pos tambahan khusus untuk polio," kata Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Saut Pakpahan kepada Antara di Tembilahan, Rabu.

Dia menyampaikan bahwa pos tambahan ini akan dibangun di berbagai tempat strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di terminal, pasar, dan pelabuhan serta di wilayah stategis lainnya sesuai dengan geografis Indragiri Hilir.

"Dalam pelaksanaan PIN ini, kami menargetkan sebanyak 69.000 balita, yaitu usia 0-59 bulan atau dibawah 5 tahun," jelasnya.

Kegiatan ini, katanya, akan dilakukan oleh sekitar 3500 tenaga kesehatan dan kader Posyandu serta PKK kecamatan maupun desa. Selain itu dalam hal ini juga akan melibatkan PAUD.

"Pelayanan dibuka dari pukul 08.00 Wib hingga selesai, namun hal ini bergantung pada pos masing-masing, dan paling penting PIN ini dilaksanakan secara gratis," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir sejauh ini sudah mensosialisasikan kegiatan PIN polio ini ke setiap ibukota kecamatan.

Dia mengimbau kepada setiap orangtua agar membawa balitanya ke pos PIN terdekat maupun pelayanan kesehatan lainnya seperti Puskesmas atau Pustu.

"Karena vaksin polio tidak diperjualkan dimanapun," sebutnya.

Disamping itu, dia juga menjelaskan bahwa sejauh ini tidak ada efek samping dari pemberian vaksin polio, namun jika terdapat keluhan terkait polio diharapkan dapat segera melapor ke tenaga kesehatan terdekat.

"Selama PIN ini digelar tim dinas kesehatan akan memantau seluruh Puskesmas dan pos pelayanan PIN," ujarnya. (adv)