Pemikiran Tenas Effendy Dianggap Setara dengan Filsuf Tiongkok Konfusius

id pemikiran tenas, effendy dianggap, setara dengan, filsuf tiongkok konfusius

Pemikiran Tenas Effendy Dianggap Setara dengan Filsuf Tiongkok Konfusius

Oleh Agustine Sri Pamungkas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Budayawan Melayu Almarhum Tenas Effendy dianggap memiliki pemikiran setara ahli filsafat Tiongkok Konfusius yang terlihat dalam beberapa nilai ajarannya.

Hal itu diungkapkanProf. Nyoto, perwakilan dari Etnis Tiongkok pada acara Dialog Lintas Budaya, Jumat. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pustaka Wilayah Soeman HS Provinsi Riau dalam rangka mengenang satu tahun wafatnya sang budayawan.

"Nilai-nilai pemikiran Tenas Effendi di buku Tunjuk Ajar sama dan mirip dengan konfusius.Nilai-nilai seperti taat pada pemimpin, taat pada agama, pada orang tua, berbakti, berbudi pada bukunya. Jika dalam ajaran konfusius ada istilah seperti Li; berbudi,Yi; bijaksana, Xiao; berbakti, Tian; taat pada sang pencipta," ujar Prof. Nyoto.

Dia mengatakan buku Tunjuk Ajar adalah sebuah ajaran yang tersirat dan penuh makna.Pada buku itu mempunyai pedoman ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadist.

"Pemikiran ini tentu sangat menyeluruh terhadap nilai-nilai kehidupan manusia," lanjutnya.

Apresiasi terhadap sosok Tenas Effendy yang berkepribadian membaur dengan semua kalangan, terlihat dari banyaknya etnis Tionghoa yang hadir pada acara ini. Diantaranya Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, PSMTI Kampar dan Persatuan Wanita Indonesia (Perwani).