Inilah 4 Kelompok Masyarakat yang Rentan jadi Pemilih Ganda Pilkada

id , inilah, 4 kelompok, masyarakat yang, rentan jadi, pemilih ganda pilkada

   Inilah 4 Kelompok Masyarakat yang Rentan jadi Pemilih Ganda Pilkada

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau melakukan sosialisasi data pemilih untuk Pilkada 2017 mendatang.

"Hingga saat ini KPU sedang melakukan sosialisasi validasi data pemilih," ujar Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin, di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya validasi data pemilih ini sangat penting agar tidak terjadi pemilih ganda nantinya. Dalam hak tersebut KPU akan menekankan pada empat kelompok utama yang dianggap rentan terhadap data pemilih ganda.

"Yang rentan itu masyarakat daerah perbatasan, karyawan perusahaan, birokrat, dan perumahan padat penduduk," ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat daerah perbatasan dibutuhkan pemetaan lebih karena banyak kasus masyarakat perbatasan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak untuk di daerah pemilihannya. Oleh karena itu validasi data ini harus lebih detail.

Sedangkan untuk kelompok karyawan di kota Pekanbaru ini bisa berasal dari daerah manapun sehingga validasi data juga sangat di perlukan. Kemudian untuk birokrat dan perumahan padat penduduk juga harus tahu aturan.

"Bahwa orang yang sudah menetap enam bulan di Kota Pekanbaru lah yang memiliki hak suara," lanjutnya.

Untuk membuktikan hal ini bisa dengan menunjukan surat keterangan domisili atau sudah terdaftar di RT/RW setempat sebagai pemilih.

"Sosialisasi ini akan terus dilakukan agar kedepannya administrasi KPU lebih baik dan mendetail," tutupnya. (Agustin Sri Pamungkas)