Kapolres: Situasi Dumai Kondusif Jelang Pilkada

id kapolres situasi, dumai kondusif, jelang pilkada

Kapolres: Situasi Dumai Kondusif Jelang Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Dumai menyatakan situasi wilayah setempat kondusif menjelang pemilihan kepala daerah pada awal Desember 2015, meskipun ditemui sejumlah persoalan di lapangan.

"Persoalan seperti perusakan dan pencurian alat peraga kampanye di sejumlah titik kita carikan solusi baik demi keamanan dan aspek keadilan," kata Kepala Kepolisian Resor Dumai AKBP Suwoyo di Dumai, Senin.

Kepolisian bersama aparat terkait lain dan lembaga penyelenggara pilkada terus mengintensifkan koordinasi dalam rangka pengawasan dan mencari langkah penyelesaian beberapa persoalan yang ditemukan di lapangan.

Dia mengatakan perusakan dan pencurian APK salah satu pasangan kandidat di sejumlah lokasi pemasangan telah disepakati bersama penyelesaiannya dengan menanggalkan semua alat peraga di tempat tersebut.

Kesepakatan bersama itu, katanya, diambil setelah dilakukan pembicaraan antarlembaga, yaitu KPU, Panwas, Polres, TNI, Satpol PP, dan Kesbangpolinmas Dumai, serta tim pemenangan lima pasang calon, Sabtu (21/11).

"Ada APK yang dirusak dan dicuri orang tak dikenal di sejumlah lokasi, dan akhirnya disepakati bahwa seluruh alat peraga diturunkan untuk mengantisipasi konflik dan gangguan keamanan," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat, para kandidat, dan tim pemenangan, serta semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum agar seluruh tahapan pilkada aman dan lancar, tanpa ada kendala.

Selain itu, diingatkan supaya masyarakat menjaga APK yang terpasang di beberapa titik dengan cara tidak merusak atau mencuri karena polisi akan menindak tegas perbuatan tersebut sesuai prosedur hukum.

Komisioner KPU Dumai Robi Aslam menyebutkan penertiban APK dilakukan secara menyeluruh di sejumlah titik tertentu karena sudah disepakati bersama untuk menghindari konflik dan kesenjangan antarkandidat.

"Bila terdapat kerusakan pada satu APK pasangan calon maka seluruh alat peraga di titik tersebut ditertibkan," kata dia.