Situasi Daerah Perbatasan Dumai Kondusif Jelang Pilkada

id situasi daerah, perbatasan dumai, kondusif jelang pilkada

Situasi Daerah Perbatasan Dumai Kondusif Jelang Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Lurah Batu Teritip Kota Dumai Syafrizal mengatakan, situasi daerah perbatasan ini jelang Pilkada Rabu besok dipastikan aman kondusif dan sebanyak tujuh tempat pemungutan suara (TPS) sudah disiapkan.

Batu Teritip merupakan wilayah Dumai berbatasan dengan Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang masuk dalam kategori rawan II pada Pilkada serentak 2015 sehingga diberlakukan sistem pengamanan khusus.

"Seluruh TPS sudah dipersiapkan untuk masyarakat menyalurkan hak suara, dan sejauh ini kondisi di perbatasan masih kondusif," katanya kepada pers, Selasa.

Dia menjelaskan, jelang pemungutan suara 9 Desember besok, masyarakat sudah diingatkan untuk memberikan hak suara pada TPS sesuai domisili yang tertera dalam identitas penduduk atau KTP.

Panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan juga terus mengimbau masyarakat setempat untuk datang ke TPS masing masing dan tetap menjaga situasi agar tetap tenang dan aman demi lancar dan suksesnya Pilkada.

"Untuk pencoblosan sudah disiapkan tujuh TPS bagi masyarakat pemilih di Batu Teritip agar dapat menyalurkan hak suara, dan berharap proses pencoblosan hingga penghitungan bisa berjalan tertib dan lancar," harap dia.

Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus mengakui Kelurahan Batu Teritip yang berada di pinggiran dan terpisah dari pusat kota mendapat perhatian khusus pemerintah saat pelaksanaan Pilkada ini.

"Pemerintah dan penyelenggara sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk membantu pengamanan di sejumlah daerah rawan selama Pilkada ini, temasuk di Kelurahan Batu Teritip," ujar dia.

Sementara, Kapolres Dumai AKBP Suwoyo mengatakan pengamanan di Kelurahan Batu Teritip dilakukan khusus dengan pengerahan 38 personel gabungan, yaitu 10 Brimob, 12 prajurit TNI dan 16 Polisi guna mengantisipasi muncul gangguan di kawasan tersebut.

Kepolisian juga sudah melakukan upaya preentif dan preventif di daerah tersebut dan mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif.

"Sejumlah spanduk imbauan agar masyarakat tidak terlibat dalam politik uang juga sudah kita pasangi di TPS daerah perbatasan itu," demikian Kapolres.