Menilik Kesiapan Indonesia Manfaatkan Nuklir Untuk Listrik

id menilik kesiapan, indonesia manfaatkan, nuklir untuk listrik

Menilik Kesiapan Indonesia Manfaatkan Nuklir Untuk Listrik

Oleh Yuni Arisandy

Jakarta, (Antarariau.com) - Negara-negara di Asia Tenggara mulai melihat potensi tenaga nuklir sebagai salah satu sumber energi untuk ketersediaan listrik.

Salah satu negara yang telah berkomitmen untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) adalah Vietnam.

Pemerintah Vietnam menyatakan akan bekerja sama dengan Rusia untuk membangun dua PLTN di provinsi Ninh Thuan sebelum tahun 2020.

"Sebelum 2020, Vietnam akan mulai pembangunan PLTN di provinsi Ninh Thuan," kata Deputi Direktur Dewan Manajemen Proyek Tenaga Nuklir Ninh Thuan, Nguyen Manh Hung.

Pernyataan tersebut dia sampaikan di sela-sela acara Lokakarya bertema "Public Acceptance of Nuclear Technologies: Sharing Asian Experience" di Phan Rang - Tap Cham, Vietnam pada 13 November.

Menurut Manh Hung, untuk pembangunan PLTN di provinsi Ninh Thuan, sejauh ini pihaknya telah melakukan studi kelayakan untuk proyek PLTN Ninh Thuan yang pertama dan hasilnya telah diserahkan kepada Pemerintah Vietnam untuk dikaji dan mendapatkan persetujuan.

"Studi kelayakan untuk proyek PLTN Ninh Thuan nomor satu sudah selesai. Kami sedang menunggu persetujuan dari pemerintah kami," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa hasil studi kelayakan proyek PLTN Ninh Thuan itu diharapkan dapat disetujui pada awal 2016 sehingga desain teknis dari PLTN tersebut dapat segera dibuat.

Bersambung ke hal 2 ...