Bupati Indragiri Hilir Resmikan Sosialisasi 4 Pilar

id bupati indragiri, hilir resmikan, sosialisasi 4 pilar

Bupati Indragiri Hilir Resmikan Sosialisasi 4 Pilar

Pekanbaru, (Antarariau.com) – Bupati Indragiri Hilir, Provinsi Riau Muhammad Wardan membuka secara resmi kegiatan sosialisasi 4 pilar yang digelar oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy di gedung Engku Kelana Tembilahan, Rabu.

"4 pilar ini adalah Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang ditujukan kepada seluruh aparatur kota dan desa se-Kabupaten Indragiri Hilir," kata Wardan.

Dia menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan ini. Sebab menurut dia 4 pilar itu sangat penting untuk dipahami,selain itu materi terkait UU desa serta peraturan pemerintah tentang desa juga dinilainya sangat penting untuk diketahui.

"Saya berharap seluruh peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan seksama sebagai salah satu bentuk upaya untuk menyukseskan program pemerintah, khususnya Indragiri Hilir," jelasnya.

Menurut dia selama ini keberadaan aparatur desa sangat berpengaruh terhadap kesuksesan program pemerintah, sebab dana APBD I maupun APBD II pertahunnya selalu dialokaskan ke desa.

"Jika dihitung secara keseluruhan maka lebih dari 100 miliyar dana APBD telah disalurkan secara merata ke desa se-Kabupaten Indragiri Hilir pertahunnya melalui program unggulan pemkab yaitu Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). Pada intinya, keberadaan aparatur desa adalah hal terpenting bagi pemerintah, kemudian perkembangannya tidak hanya dipantau oleh kabupaten, namun juga dipantau oleh pemerintah pusat dan DPR RI," tegasnya.

Wakil ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy mengatakan tujuan utama menggelar kegiatan sosialisasi 4 pilar ini adalah untuk berorientasi dalam membantu kesuksesan program di desa. Materi akan disampaikan secara umum terkait pemantapan dan pemahaman terhadap UU desa dan peraturan tentang desa.

"Kepala desa harus mengetahui tentang perkembangan peraturan pemerintah dan hal-hal terpenting lainnya," kata Lukman. (Adv)