Menteri Agama Batal Hadiri PIOS di Rohil

id menteri agama, batal hadiri, pios di rohil

Menteri Agama Batal Hadiri PIOS di Rohil

Bagansiapiapi, Rohil (Antarariau.com) - Rencana untuk menghadiri kegiatan Pekan Ilmiah Olahraga dan Sains (PIOS) ke V Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) Kopertis Wilayah XII se Propinsi Riau dan Kepulauan Riau yang dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin akhirnya pupus sudah.

"Beberapa waktu lalu kita sudah menemui pak Lukman di Jakarta dan beliau mengatakan sibuk tidak bisa hadir acara PIOS di Rohil, karena kebetulan tanggal 9 itu pak Menteri ada pertemuan yang tidak bisa ditinggalkan, kemudian besoknya (10 November) bersamaan dengan Hari Pahlawan, jadi beliau hadir di Istana Negara," kata Bupati Rokan Hilir H. Suyatno saat memimpin rapat evaluasi bersama panitia pelaksana PIOS di Aula Kantor Bupati, Senin.

Rapat evaluasi itu dihadiri oleh Sekretaris Kopertis Riau Kepri H. Abu Bakar, Ketua Panitia PIOS Usman Saufi, Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, serta sejumlah pejabat lainnya.

Bupati menambahkan, sesuai jadwal pada 8 November semua peserta sudah tiba di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.

Panitia juga diminta untuk maksimal baik dalam hal menyiapkan penginapan maupun lokasi-lokasi perlombaan dalam pelaksanaan helat yang diikuti 29 Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

"Saya was-was katanya akan menumpang dirumah warga, tapi sampai saat ini pemilik rumah itu belum dikumpulkan, jadi saran saya adakan pertemuan mengingat waktunya sudah mepet," katanya.

Dengan batalnya dibuka oleh Menteri Agama, kata dia maka acara ini akan diusahakan dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Riau H. Arsyad Juliandi Rachman.

Bupati Rohil sendiri bahkan bersedia mengantarkan langsung undangan untuk Gubernur agar bisa datang untuk membuka kegiatan PIOS yang diagendakan Senin 9 November 2015.

Agenda sebelum pembukaan rencananya juga akan dilakukan Pawai Taaruf oleh seluruh peserta yang diperkirakan berjumlah 2000 peserta.

"Kita siapkan dua ekor kuda dibagian depan nantinya, sementara untuk rute pawai dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Jalan Merdeka, karena di Kawasan Batu Enam Bagansiapiapi supaya lebih steril mengingat malamnya dilakukan pembukaan," ujar Suyatno.

Sementara itu, Ketua Panitia Usman Saufi mengatakan, meski Menteri Agama tidak bisa hadir namun pihaknya berusaha menghadirkan narasumber dalam kegiatan-kegiatan nantinya.

"Pak Gafar Usman anggota DPD RI akan menjadi pemateri dan itu sudah kita pastikan, bahkan beliau siap untuk datang,' katanya.

Pelaksanaan PIOS ke V ini ditunjukkan tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Rohil sebagai penyelenggara diantaranya STIT Dar Aswaja Kubu, STAI AR-Ridha Bagansiapiapi dan STAI Rokan Bagan Batu. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi