56 Peserta Ikut Lomba Pacu Jalur Mini

id 56 peserta ikut lomba pacu jalur mini

  56 Peserta Ikut Lomba Pacu Jalur Mini

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Sebanyak 56 peserta mengikuti lomba pacu jalur mini memperebutkan Piala Bupati di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

"Saya berharap kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik, semua peserta mengikutinya secara sportif dan semangat tinggi," kata Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis di Teluk Kuantan, Riau, Sabtu.

Ia mengatakan, acara lomba yang di gelar di Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah ini sebagai bentuk mengembangkan objek wisata daerah, wisata jalur akan berdampak luas dan diyakini akan mendatangkan investasi untuk membantu peningkatan ekonomi warga.

Pacu jalur sudah lama di gelar di Kuansing, bahkan sejak puluhan tahun lalu kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang mendapatkan apresiasi tinggi dari semua daerah tetangga.

"Setiap kegiatan pacu jalur tradisional digelar, ribuan masyarakat memadati arena tersebut, mereka datang dari berbagai daerah," ujarnya.

Pacu Jalur Mini ini diikuti oleh puluhan jalur dari berbagai kecamatan di Kuansing untuk memperebutkan piala Bupati Kuansing. Bupati dalam sambutannya juga meminta agar peserta tetap menjaga sportifitas selama pacu jalur berlangsung, kalah dan menang adalah hal biasa dalam berkompetisi.

"Bersainglah secara sehat, jangan ada perpecahan," ujarnya berharap.

Menurut Sukarmis, Pacu Jalur Mini (PJM) merupakan ajang silaturahmi antar-sesama pecinta pacu jalur, bahkan akan tercipta kekeluargaan yang tinggi, semua pihak menilai acara ini kedepan sangat bernilai positif untuk kemajuan daerah.

"Ini ajang prestasi, tetapi semangat persaudaraan harus di utamakan," ucapnya.

Nariman Hadi salah satu Dosen di Universitas Islam Kuantan Singingi mengatakan, setiap kegiatan lomba jalur selalu di padati masyarakat, bahkan semua orang Kuansing mendukung program itu dan terlihat ikut berpartisipasi aktif.

"Pacu jalur Kuansing sudah di kenal di sejumlah wilayah di Indonesia, bahkan agenda tahunnya sudah menjadi event nasional," tegasnya.