Antara Moratorium Penebangan Hutan Dan Investasi Hijau

id antara moratorium penebangan hutan dan investasi hijau

 Antara Moratorium Penebangan Hutan Dan Investasi Hijau



Sambungan dari hal 1 ...

Inisiatif gerakan

Salah satu perusahaan yang telah menjalankan inisiatif gerakan hijau antara lain adalah perusahaan multinasional operasional hotel, Accor, yang memiliki program Planet 21 di berbagai hotel yang dikelola oleh Accor.

"Planet 21 telah menjadi strategi Accor untuk meminimalkan dampak lingkungan dan memaksimalkan kontribusi sosial yang melibatkan seluruh jenjang dalam kegiatan operasional hotel," kata COO Accor Indonesia, Gerard Guillouet.

Planet 21, program pembangunan berkelanjutan global yang dilakukan oleh Accor, mendefinisikan 21 komitmen khusus dengan tujuan yang terukur dalam tujuh pilar kegiatan terkait sosial, lingkungan dan masyarakat: Kesehatan, Alam, Karbon, Inovasi, Pengembangan Lokal, Lapangan Kerja dan Dialog.

Komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan ini mulai pada tahun 1994 ketika Accor membentuk departemen lingkungan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Menurut Guillouet, Accor Asia Pasifik melalui Planet 21 telah melakukan berbagai inisiatif antara lain 91 persen atau lebih dari 500 hotel Accor telah memenuhi setidaknya sepuluh tindakan fundamental terkait pelestarian lingkungan.

Selain itu, lanjutnya, 97 persen hotel- hotel Accor di Asia Pasifik menawarkan produk "eco-labelled" dan lebih dari 225.000 pohon telah ditanam di sepuluh lokasi di wilayah Asia Pasifik sejak tahun 2008.

"Daur ulang sampah telah dilakukan oleh 86 persen hotel-hotel di jaringan Accor, dan 93 persen hotel-hotel Accor melarang menu spesies laut yang terancam punah, seperti sirip ikan hiu. Pada tahun 2015, seluruh hotel-hotel Accor akan melarang menu spesies laut yang terancam punah tersebut," ucapnya.

Untuk merayakan Planet 21 Day 2015, Accor Indonesia menyelenggarakan berbagai inisiatif untuk mendukung komitmen Planet 21.

Sebagai contoh, di Jakarta dan Yogyakarta, hotel-hotel Accor melakukan program daur ulang untuk membuat tempat sampah dan pot bunga dari barang bekas, menggunakan sampah organik sebagai pupuk, dan melakukan pelatihan bagi para karyawan dan masyarakat lokal untuk melestarikan lingkungan.

Di Bogor, hotel-hotel Accor mulai program mengurangi sampah plastik, misalnya memperkenalkan air infuse (air dengan irisan lemon, jeruk dan sereh) untuk para tamu dalam acara MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang disajikan dalam pitcher (tempat/teko air), bukan air dalam kemasan botol/gelas plastik.

Di Lombok, hotel-hotel Accor mengelola sampah plastik dan menggandeng sekolah-sekolah lokal untuk mengumpulkan sampah plastik di sekolah-sekolah tersebut dan menjualnya secara teratur kepada LSM untuk didaur ulang.

Inisiatif lainnya adalah pemasangan panel surya di Hotel Mercure Convention Center Ancol guna memasok energi listrik terbarukan untuk konsumsi hotel. Berkolaborasi dengan Japan Lighting Manufactures Association and Asosiasi Industri Luminer dan Kelistrikan Indonesia, panel surya ini dipasang sebagai proyek pengujian LED Light dengan baterai bertenaga matahari.