Pasar Batu Akik Kuansing Ramai Pengunjung

id pasar batu, akik kuansing, ramai pengunjung

Pasar Batu Akik Kuansing Ramai Pengunjung

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pasar batu akik yang berada di pasar rakyat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau ramai pengunjung, setiap hari ribuan warga memadati areal tersebut.

" Saya sangat bangga atas inisiatif pemerintah menyediakan lokasi khusus untuk menjajakan sejumlah batu akik yang sudah memasyarakat ini," kata salah satu pengunjung pasar batu akik Pasar rakyat Kuantan Singingi (Kuansing) Nariman (45) di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ia mengatakan, sejak masyarakat demam batu akik dan digelarnya sejumlah kontes oleh instansi terkait ratusan warga setiap hari bercerita tentang batu asal Logas, Petapahan mengoleksi beragam bahan dan batu cincin karena kualitas dan motifnya sangat menarik.

Batu logas dikenal memiliki corak dan motif yang menawan hingga dijual laris manis, sementara batu petapahan dikenal dengan kualitasnya yang tinggi menjadi buruan para kolektor dari berbagai daerah.

" Pasar batu akik sudah tidak asing lagi bagi warga, ratusan batu akik di pajangkan oleh pedagang, bahkan batu asal luar Kuansing juga banyak," sebutnya.

Salah satu penggemar batu akik bermotif Warni (30) juga menyebutkan, selama ini mencari batu akik sulit, harus pergi ke lokasi batu seperti Logas, namun dengan dibukanya pasar khusus ini semua bisa dengan mudah mendapatkan batu yang diminati.

" Saya perhatikan ada ratusan corak batu yang di jual belikan di sini, hargapun terjangkau, bahkan dapat batu bisa langsung di kasih tangkainya di tempat itu juga," ujarnya.

Dijelaskannya, penjualan batu setiap hari di pasar ini bisa mencapai puluhan juta rupiah, ini adalah peluang bisnis, warga pun dapat memilih kesukaannya serta dengan harga terjangkau masyarakat dapat membeli dua hingga tiga untuk kolehsi.

Pedagang batu Sarpi (45) mengatakan, melalui pasar batu ini akan menjadi trend sendiri di Kuansing, masyarakat tidak perlu repot mencari lokasi batu, cukup datang ke pasar rakyat yang terletak di tengah Kota Taluk sudah dengan mudah memilih kesukaannya.

" Setiap hari terjual hingga puluhan batu dengan harga mulai dari Rp50 ribu hingga Rp300 ribu per batunya," ujarnya. (Adv)