Dinkes: Semua Puskesmas Disiapkan 24 Jam

id dinkes, semua puskesmas, disiapkan 24 jam

 Dinkes: Semua Puskesmas Disiapkan 24 Jam

Tembilahan, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Alvi Purwanti Alwie mengupayakan pada 2015 seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten setempat bekerja 24 jam untuk layanan Unit Gawat Darurat (UGD).

"Kami memiliki 27 Puskesmas dan beberapa Puskesmas seperti yang ada di wilayah Tembilahan Kota, layanan UGD 24 jam-nya sudah berjalan," kata kepala dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Alvi Purwanti Alwie, di Tembilahan, Selasa.

Dia mengungkapkan bahwa pelayanan Puskesmas UGD 24 jam ini telah dicanangkan sejak 2 Februari lalu dan ditujukan untuk pelayanan kegawatdaruratan, yang penanganannya tidak bisa ditunda untuk ditangani secara medis.

"Nanti tim Dokter akan memutuskan apakah pasien gawat darurat tersebut dirawat di Puskesmas perawatan atau dilakukan rujukan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas perawatan yang jauh lebih lengkap," jelasnya kepada Antara.

Kemudian disamping itu dia menyampaikan saat ini semua Puskesmas yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir sedang dalam tahap persiapan dan pembenahan, serta penguatan untuk pelayanan UGD 24 jam.

"Semoga tahun ini semuanya dapat terealisasi," ujarnya.

Dia menerangkan bahwa selain program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), Kesehatan juga termasuk kedalam program prioritas dari Bupati Indragiri Hilir, H. Muhammad Wardan.

Disamping pengadaan layanan UGD 24 jam, Diskes Indragiri Hilir juga akan menyediakan kebutuhan kesehatan disetiap Puskesmas pembantu (Pustu) baik itu berupa sarana dan prasarana sebagai pelengkap pelayanan kesehatan.

"Pada tahun lalu sudah ada 126 Pustu, dan pada tahun 2015 ini pihak kami akan mengusahakan untuk mengaktifkan sebanyak 154 Pustu di Kabupaten Indragiri Hilir ini," ujarnya.

Dia menegaskan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat umum, dan khususnya yang berada di kawasan Kabupaten Indragiri Hilir. (Adv)