Kapolsek Binawidya : Segera lapor jika anggota Polsek tak netral dalam pilkada

id Polresta Pekanbaru

Kapolsek Binawidya : Segera lapor jika anggota Polsek tak netral dalam pilkada

Kapolsek Binawidya Kompol Asep saat menyampaikan pesan Pilkada damai.(ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Polsek Binawidya melakukan pertemuan dan dialog dengan tokoh agama di Kantor Camat Binawidya untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024, Jumat (11/10).

Camat Binawidya Indah Vidya Hastuti dalam kesempatannya mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk perangkat RT dan RW, tetap netral dan tidak ikut serta dalam kampanye atau mendukung salah satu pasangan calon.

Kapolsek Binawidya Kompol Asep Rahmat menyampaikan pentingnya menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung.

Ia juga menegaskan bahwa setiap anggota Polsek harus tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan kampanye.

"Jika ada anggota Polsek yang tidak netral, harap segera melapor,” ujar Kompol Asep.

Kompol Asep juga mengingatkan peserta untuk berhati-hati dalam berbicara, mengingat informasi dapat dengan cepat tersebar di media sosial, yang berpotensi merugikan individu maupun lembaga.

Asep juga menambahkan bahwa di akhir bulan akan diadakan kampanye akbar yang akan dikawal oleh aparat kepolisian untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan aman.

Selain itu, ia mengimbau semua pihak untuk mengupayakan agar tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) dengan menyelesaikan setiap permasalahan melalui sidang pleno dan koordinasi dengan Polsek.

Danramil 0301-06 Sukajadi, Kapten (Inf) MFadhil, menegaskan pentingnya menjaga netralitas seluruh elemen, termasuk TNI, Polri, ASN, serta perangkat pemerintahan dari tingkat RT/RW.

"Kita harus berhati-hati dalam bersikap dan berbicara selama masa Pilkada karena sangat mudah bagi suatu informasi untuk viral,” kata M. Fadhil.

Ketua PPK Kecamatan Binawidya menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung jalannya Pilkada dengan netralitas dan profesionalisme. PPK, yang beranggotakan personel adhoc selama delapan bulan, bertanggung jawab atas 96 TPS di kecamatan dengan dukungan 672 anggota KPPS serta linmas.

Panwas Kecamatan Binawidya yang berjumlah 18 personel, turut hadir untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang bersih dan kondusif.

Hingga saat ini, Panwas belum menemukan pelanggaran atau laporan terkait kampanye, dan berharap ASN beserta jajarannya dapat tetap menjaga netralitas demi tercapainya Pilkada yang damai.