Polsek Batang Gansal edukasi warga cara lapor pelanggaran pilkada

id Rengat,Indragiri Hulu

Polsek Batang Gansal edukasi warga cara lapor pelanggaran pilkada

Polsek Batang Gansal saat memberikan edukasi warga Seberida. (ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Polsek Batang Gansal, Polres Indragiri Hulu, menggelar kegiatan penyuluhan terkait mekanisme pelaporan pelanggaran dan kecurangan selama pemilihan kepada warga Desa Seberida menjelang Pilkada Serentak 2024, Senin.

Kapolsek Batang Gansal IptuSP Hutahean diwakili Kanit Binmas AiptuIwan Abraham Sinulingga

mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memberikan informasi penting terkait aturan dalam pilkada damai.

"Selain itu, memberikan himbauan agar masyarakat memahami pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban," kata Kanit Binmas.

Kanit Binmas juga didampingi Bhabinkamtibmas Aipda H Sianturi dan BripkaSyukri, sehingga pesan pilkada tersampaikan dengan baik.

Kepolisian juga menjelaskan mekanisme yang harus diikuti jika terjadi pelanggaran atau kecurangan dalam pemilihan yang terindikasi merugikan pihak tertentu.

Menurutnya, pelanggaran hukum berpotensi memicu polemik di tengah masyarakat dalam proses pilkada damai.

Diharapkan, dengan pengetahuan yang diberikan itu warga dapat berpartisipasi aktif dalam menciptakan situasi aman dan damai selama pemilihan.

"Kami berharap dari kegiatan tersebut masyarakat memahami dan mengerti himbauan yang disampaikan personel Polsek," ujarnya.

Menurutnya, edukasi menjadi langkah awal untuk memastikan bahwa proses demokrasi berlangsung dengan baik tanpa adanya intimidasi atau pelanggaran yang dapat mengganggu jalannya pemilihan.

Dengan komitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga, Polsek Batang Gansal berharap pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dapat berjalan secara demokratis.

Agar ebih optimal, Polsek Batang Gansal dalam kegiatan cooling system terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan PPK dan Panwascam.

Koordinasi itu untuk memantau pelanggaran dan kecurangan di Pilkada 2024 agar pilkada bermartabat dan sukses.

Selama tahapan pilkada, situasi masyarakat selalu kondusif walaupun berbeda pilihan di tengah keberagaman.