Atlet Riau kembali sabet emas di PON, ini reaksi Pj Gubri Rahman Hadi

id Pj gubri, pon 2024, emas riau

Atlet Riau kembali sabet emas di PON, ini reaksi Pj Gubri Rahman Hadi

Pj Gubernur Riau Rahman Hadi saat menyerahkan bendera pataka Provinsi Riau kepada ketua Kontingen PON Riau HM Rusli Zainal saat pelepasan kontingen PON ke Sumut - Aceh, (24/8/2024). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kontingen Riau kembali menyumbang medali emas di cabang Senam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, Jumat (30/8).

Atlet senam Riau yang kembali menyumbang medali emas yakni Abiyu Raffi di nomor senam artistik perorangan putra. Kemudian, satu emas lagi disumbangkan Agung Suci Tantio Akbar di nomor kuda pelana.

Abiyu yang merupakan peraih perak SEA Games 2023 ini sukses mengumpulkan nilai tertinggi yakni 74,732 poin. Abiyu unggul dari rekan sesama atlet Riau, M Afrizal yang mengumpulkan 73.965 poin, dan fajar Abdul Rohim asal Kalsel berhak perunggu dengan 72,665 poin.

Abiyu Raffisempat meneteskan air mata usai tampil di alat palang tunggal. Hal itu dilakukan sebagai rasa syukur, karena bisa tampil maksimal meski asam lambung sempat kambuh.

"Karena sebelum masuk ke pertandingan ada kendala. Ada asam lambung naik. Gak kuat, kayak dari alat pertama terasa gak kuat tapi berupaya profesional aja," ucap pesenam berusia 22 tahun ini.

Atlet yang pada PON 2021, membela Papua itu optimistis target 4 medali emas bisa terwujud. Mengingat saat ini, dirinya telah meraih 2 emas melalui nomor beregu artistik dan perorangan serba bisa.

"Insya Allah targetnya 4 medali emas," tekadnya.

Sementara itu, PjGubri Rahman Hadi mengapresiasi atas keberhasilan Riau kembali menyabet medali emas senam di PON Aceh-Sumut kali ini.

"Alhamdulillah, perolehan medali cabang senam bertambah menjadi 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu," sebut Rahman Hadi.

Medali emas cabang senam Riau, diraih oleh tim beregu putra senam artistik Riau, di antaranya, Agung, Abiyu, M Afrizal, dan Rayhan. (1 emas), Abiyu Rafi, yang turun di nomor all around(1 emas), Abiyu Raffi di nomor senam artistik perorangan putra (1 emas) dan satu emas lagi disumbangkan Agung Suci Tantio Akbar di nomor kuda pelana (1 emas)

Pj Gubernur mengharapkan, para atlet PON Riau tetap semangat untuk bertanding guna mengharumkan nama Riau.

"Tetap semangat demi Riau," pungkasnya.