Helikopter bom air APP Group padamkan karhutla di Pusako Siak

id Helikopter water Bombing, karhutla di Siak, APP Group

Helikopter bom air APP Group padamkan karhutla di Pusako Siak

Helikopter APP Group ketika memadamkan karhutla di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-Arara Abadi APP Group)

Siak (ANTARA) - Helikopter Bom Air dari PT Arara Abadi APP Group dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah luar konsesi di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Kamis siang.

Kepala Manggala Agni Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Operasi Siak, Ihsan Abdillah membenarkan adanya karhutla di daerah tersebut. Pihaknya mengetahui hal itu dari informasi menara pantau PT Arara Abadi APP Group.

"Ya benar ada kebakaran lahan semak belukar dan pohon akasia liar 250 meter dari batas konsesi PT Arara Abadi. Selain pemadaman darat juga dibantu helikopter water bombing APP Grup," katanya.

Pemadaman dilakukan juga bersama dengan TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siak, Regu Pemadaman Kebakaran Sinar Mas, dan Masyarakat Peduli Api. Untuk saat ini belum diketahui kepemilikan lahan sekitar 1 hektare tersebut.

Untuk akses ke lokasi, menurutnya, bisa ditempuh dari jalur darat dan sumber air ada dari parit dekat lokasi kebakaran. Saat ini api sudah padam dan tinggal melakukan pendinginan.

Sementara itu, Fire Operational Management Head PT Arara Abadi-APP Group, Priyo S Utomo menambahkan dari pihaknya menurunkan dua tim. Pertama Tim Darat RPK dan Tim Udara dengan Helikopter APP Group Jenis Kamov PK II.

"Ya kita ikut membantu memadamkan karhutla pada kebakaran luar konsesi perusahaan atau lahan masyarakat di Desa Dosan Kecamatan Pusaka Kabupaten Siak dengan jumlah 1 Sortie sebanyak 27 kali Drops Water Bombing," ujarnya didampingi Humas PT Arara Abadi-APP Group Regional Riau, Nurul Huda.