Lomba Mancing di Festival Sungai Siak diikuti 1.200 peserta

id Festival Sungai Siak, lomba Mancing Siak, peserta lomba mancing

Lomba Mancing di Festival Sungai Siak diikuti 1.200 peserta

Bupati Siak, Alfedri melemparkan kail tanda dibukanya Lomba Mancing pada Festival Sungai Siak yang diikuti 1.200 lebih peserta. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak lebih dari 1200 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau

mengikuti Lomba Mancing Festival Sungai Siak 2024 di sepanjang turap Tepian Bandar Sungai Jantan (Siak), Kabupaten Siak yang diselenggarakan dinas pariwisata setempat.

Bupati Siak Alfedri resmi membuka perlombaan ini ditandai dengan pelemparan kail pancing. Dia mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari upaya mengangkat sejarah bahwa Sungai Siak berfungsi denyut nadi ekonomi masyarakat dan keberlangsungan kehidupan.

"Sejarah Sungai Siak adalah berfungsi untuk memberikan kehidupan, jalur transportasi, mata pencaharian dan sumber ekonomi masyarakat sepanjang Sungai Siak," katanya.

Ia lebih lanjut mengimbau masyarakat dan peserta lomba mancing untuk selalu menjaga kebersihan sungai agar pemancing dari luar Kabupaten Siak semakin ramai datang. Dengan begitu juga bisa meningkatkan pariwisata Kabupaten Siak.

"Diharapkan ke depannya Sungai Siak tetap dilestarikan dengan baik sehingga bisa mendatangkan banyak mancing mania untuk meningkat kan kearifan lokal ikan-ikan di Sungai Siak," ucap Alfedri.

Sementara itu Kepala Dispar Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa mengatakan Festival Sungai Siak ini merupakan edisi kedua yang digelar. Pihaknya telah menyiapkan hadiah utama satu unit mobil dan beberapa hadiah lainnya seperti motor listrik, mesin cuci, kulkas, televisi dengan total mencapai Rp181 juta.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Siak ke-25 pada Oktober nanti," sebutnya.

Pada Festival Sungai Siak ini juga digelar

pertunjukan seni budaya sejak dibuka Kamis malam lalu (20/06). Selain lomba memancing ada juga lomba sampan hias, memasak, mewarnai, fotografi, seminar dan pameran serta bazar kuliner dan Susur Sungai Siak.

"Kita juga berharap meningkatnya kualitas ajang ini mampu menarik wisatawan berkunjung ke Kota Siak. Sehingga dampak kegiatan secara ekonomi dapat dinikmati langsung oleh masyarakat," ujarnya.